Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/05/2015 13:11 WIB
Dari Bincang Pendidikan di STMIK Bani Saleh

Ada 18 Poin Untuk Mendidikan Anak Berkarakter

Bincang Pendidikan di STMIK Bani Saleh
Bincang Pendidikan di STMIK Bani Saleh

BEKASI_DAKTACOM: Pendidikan berkarakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlaq mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Hal ini sekaligus menjadi upaya untuk mendukung perwujudan cita cita sebagaimana diamanahkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Hal itu diungkapkan H. Deddy Kursrady, Sekretaris DPRD kota Bekasi, pada acara Bincang Pendidikan, dengan thema membangun bangsa yang berkarakter, di STMIK Bani Saleh, Jl. Mayor Hasibuan,Senin (18/5/15).

Dijelaskan, berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini makin mendorong semangat dan upaya pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan karakter sebagai dasar pembangunan pendidikan.

Semangat itu kata Deddy, secara implisit ditegaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)  tahun 2005 - 2025. Pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional.

Menurutnya, upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar,  tetapi juga harus melalui PEMBIASAAN dalam kehidupan sehari-hari. Ada 18 karakter yang harus dibentuk pada jiwa anak didik, yaitu, sbb :

1. Religious, (2) Jujur (3) Toleransi (4) Disiplin (5) Kerja Keras (6). Kreatif (7) Mandiri (8) Demokratis (9) Rasa Ingin Tahu (10) Semangat Kebangsaan (11) Cinta Tanah Air (12) Menjaga Prestasi (13) Bersahabat/Komunikatif (14) Cinta Damai (15) Gemar Membaca (16) Peduli Lingkungan (17) Peduli Sosial (18) Tanggung Jawab,
 

Editor :
Sumber : ulfiana larasati
- Dilihat 1976 Kali
Berita Terkait

0 Comments