Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 21/01/2021 19:05 WIB

Pengabdian Masyarakat, Ubhara Jaya Gelar Pelatihan Toko Online

Pengabdian Masyarakat Ubhara Jaya Gelar Pelatihan Toko Online
Pengabdian Masyarakat Ubhara Jaya Gelar Pelatihan Toko Online

BEKASI, DAKTA.COM - Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya), menggelar pelatihan Pembuatan Toko Online untuk Staf dan Akademisi di lingkungan kampus Ubhara Jaya.

 

Dosen tetap Informatika, R. Wisnu P Pamungkas mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud pelaksanaan TriDharma Perguruan Tinggi bagi para dosen. Menurutnya, karena pandemi Covid-19 maka pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Google Meet.

 

“Kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada mastarakat ini dilakukan pada hari Kamis 21 Januari 2021 dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Meet dikarenakan saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19,” tegas Wisnu yang juga ketua pelaksana, Kamis (21/1).

 

Menurut penuturannya, permasalahan UKM unit kantin di Ubhara Jaya adalah masih menggunakan sistem yang manual dalam pemasaran dan transaksinya. Dengan sistem yang konvesional memungkinkan terjadinya kehilangan data, tidak updatenya informasi keuangan yang  dibutuhkan dalam pengambilan keputusan bisnis.

 

 

Sementara, salah satu pemateri pada pelatihan ini sekaligus dosen tetap program studi Infomatika Ubhara Jaya, Ahmad Fathurrozi menjelaskan permasalahan yang ada tersebut salah satunya disebabkan karena kurangnya dukungan skill penggunaan teknologi informasi sebagai sarana pemasaran dan managemen transakasi serta mahalnya biaya akses internet.

 

“Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah upaya membantu penggunaan teknologi informasi khususnya dalam bidang pemasaran produk-produk hasil UKM dengan menggunakan aplikasi marketplace e-commerce yang menyediakan layanan jual beli barang. Sehingga dapat menciptakan   peluang bisnis untuk para UKM,” papar Ahmad Fathurrozi.

 

“Kantin di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya adalah bagian dari UMKM. Apabila UMKM tidak segera melakukan pembenahan maka dengan persaingan ekonomi yang ketat akan mengakibatkan UMKM kalah dalam bersaing,” Sambung Prio Kustanto, selaku salah satu pemateri pada pelatihan ini sekaligus dosen tetap program studi Infomatika Ubhara Jaya.

 

Selain itu, ada pula Andy Achmad selaku moderator pada pelatihan ini sekaligus dosen tetap program studi Infomatika Ubhara Jaya dan penyampaian materi mengenai konsep toko online menggunakan aplikasi Anter2 oleh Bapak H. Ponco Waluyo yang merupakan founder Aplikasi Anter2.

 

Dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan dapat simpulkan sebagian peserta merasakan manfaat dan ketertarikan terhadap materi yang diberikan, hal ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dan menjadi potensi meningkatnya minat kewirausahaan dilingkungan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Dari hasil posttest berupa pengisian  quesioner menunjukkan sisi kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan  cukup baik.

 

Sebelumnya, kegiatan pelatihan pengabdian kepada masyarakat wujud tanggung jawab tim atas hibah internal pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Tahun Anggaran 2020. (***)

Reporter :
- Dilihat 1467 Kali
Berita Terkait

0 Comments