Agenda Publik /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/04/2017 05:30 WIB

Ikuti Seminar PERAN MEDIA DAKWAH MEMBENDUNG FAHAM/GERAKAN RADIKALISME

Seminar Tangkal Radikalisme
Seminar Tangkal Radikalisme
BEKASI_DAKTACOM: Kelompok teroris yang merupakan bagian dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD) melakukan aksi penembakan di Tuban, Jawa Timur pada awal April 2017. Keenam teroris tersebut akhirnya dilumpuhkan oleh polisi dalam baku tembak. Peristiwa ini sekaligus mengingatkan kita bahwa faham dan gerakan radikalisme/ekstrimisme agama masih tumbuh subur di Indonesia.
 
Stigma radikalis/ekstrimis dan teroris saat ini melekat pada kelompok agama khsusunya ditemui dari kalangan Islam. Namun, sikap dan tindakan yang dilakukan sebenarnya sangat bertentangan dengan nilai-nilai syariat Islam berdasarkan Alqur’an dan Hadits. 
 
Pemahaman dari kelompok ekstrimis/teroris sangat bertolak belakang dari ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, berarti menjadi rahmat bagi sekalian alam. Faham dan sikap yang ditularkan justru memberi kerusakan dan ketakutan di masyarakat. Dalam islam sendiri kelomok teror/ektrimis tersebut digolongkan dalam kelompok khawarij yang telah di ingatkan oleh Rasullullah bahwa mereka adalah orang yang berbahaya dan telah mencoreng nama Islam.
 
Lebih membahayakan lagi, pemahaman tersebut ditularkan dan disebarkan kepada masyarakat, khususnya generasi muda (dengan pengetahuan agama yang dangkal) melalui doktrin berkedok kajian dengan penyelewengan Aqidah.
 
Untuk membendung penyebaran faham ini, dibutuhkan literasi untuk membuka mata masyarakat bahwa faham dan kelompok tersebut sangat bertentangan dengan ajaran islam. Melalui media dakwah, para da’i dapat menyampaikan pertentangan ajaran Islam yang benar dengan pemahaman kelompok-kelompok teroris/ekstrimis tersebut.
 
Upaya literasi tersebut akan dikampanyekan melalui kajian umat di Bekasi yang disiarkan langsung oleh Radio Dakta. Bekasi merupakan salah satu daerah penyangga
ibu kota dengan kompleksitas peristiwa teroris sebelumnya dapat dijadikan sebagai salah satu contoh real dalam upaya membendung gerakan terorisme/radikalisme
 
WAKTU & TEMPAT
 
Kegiatan kerjasama Diskusi/Seminar Inspiratif on Air tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 27 April 2017, Pukul 08.30 – 12.00, di STMIK BANI SALEH , Jl. Mayor M. Hasibuan No 68, Margahayu, Bekasi Timur. Telp. (021) 8800992
 
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 854 Kali
Berita Terkait

0 Comments