Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 03/07/2017 11:02 WIB

Heli Basarnas Jatuh 8 Personel Gugur dalam Tugas

Serpihan Heli Basarnas
Serpihan Heli Basarnas

SEMARANG_DAKTACOM: Delapan orang korban jatuhnya helikopter Basarnas disebut gugur dalam tugas. Sebab saat kejadian, heli sedang dalam perjalanan ke lokasi meletusnya Kawah Sileri, Dieng, Banjarnegara, yang tak jauh dari Wonosobo.

"Kru dan tim rescue Basarnas jumlah 8 personel, seluruhnya gugur," tutur Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono di RS Bhayangkara, Semarang, Senin (3/7/2017).

Sebelum menuju Dieng, heli Basarnas ini baru saja melaksanakan tugas memantau arus balik Lebaran di Tol Gringsing, Batang. Tim kemudian digerakkan untuk membantu terkait bencana letusan Kawah Sileri.

"Saya katakan gugur karena beliau mengemban tugas operasi kemanusiaan, Ramadniya yang bertugas mengevakuasi yang sakit saat pengamanan hari raya dan ramadan," ucap Condro.

"Ada kejadian di Wonosobo meletupnya Kawah Sileri. Heli melakukan peninjauan lapangan siapa tahu ada yang diperlukan. Namun nahas beliau gugur saat perjalanan ke lokasi Kawah Sileri," imbuhnya.

Condro menyampaikan duka cita atas gugurnya ke-8 tim rescue Basarnas tersebut. Apalagi tim ini ikut tergabung bertugas saat arus mudik dan arus Lebaran bersama Polri dan instansi lainnya.

"Saya menyampaikan rasa turut berduka mendalam dari keluarga besar Polri yang tergabung operasi ramadniya baik dari TNI, kelembagaan, dan pemerintah daerah sangat merasa kehilangan. Mudah-mudahan dapat tempat terbaik di sisi Allah, kushnul khotimah," jelas Condro.

Mantan Kakorlantas Polri ini memastikan Polri bersama instansi terkait hingga saat ini masih melakukan evakuasi badan helikopter yang jatuh di Pegunungan Butak, Temanggung. Proses identifikasi korban sudah selesai dilakukan oleh tim DVI Polda Jateng dan jenazah akan segera diserahkan kepada pihak keluarga.

"Kami akan terus bersama tim Basarnas, KNKT, TNI untuk melanjutkan evakuasi pesawat yang masih di TKP. Setelah ini rencana pemulangan jenazah untuk diserahkan keluarga," tutur dia.

Berikut identitas korban heli jatuh:

Kru:

1. Kapten Laut (P) Haryanto
2. Kapten Laut (P) Li Solihin
3. Serka Mpu Hari Marsono
4. Peltu LPU Budi Santoso

Tim Basarnas:

1. Maulana Afandi
2. Nyoto Purwanto
3. Budi Resti
4. Catur Bambang Sulistio
(elz/fdn)

Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikNews
- Dilihat 6890 Kali
Berita Terkait

0 Comments