Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 03/05/2015 11:51 WIB

Petugas Gabungan Tertibkan PKL di Pasar Baru

Para Petugas Sedang Mengangkut Puing-Puing Lapak PKL Pasar Baru ke Dalam Truk
Para Petugas Sedang Mengangkut Puing-Puing Lapak PKL Pasar Baru ke Dalam Truk
BEKASI_DAKTACOM: Pemerintah Kota Bekasi bekerjasama dengan unsur TNI dan Polri untuk menertibkan lapak pedagang yang berada di depan dan samping Pasar Baru Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur, Sabtu (2/5).
 
Sebelum penertiban, lapak dagangan PKL terlihat menutupi trotoar di jl Juanda, depan pasar Baru dan Jalan M Yamin di samping Pasar Baru. Keberadaan meraka pun menjadi salah satu penyebab kemacetan di ruas jl Juanda menuju Terminal Induk Bekasi, Bulak Kapal Bekasi Timur dan wilayah Kabupaten Bekasi.
 
Setelah apel, petugas langsung mempersiapkan diri untuk turun menyisir lapak pedagang di dua jalan tersebut. Petugas gabungan ini terdiri dari Dinas Perekonomian Rakyat, Dinas Kebersihan, Satpol PP, Dinas Bina Marga dan Tata Air serta kelurahan dan kecamatan Bekasi Timur.
 
Sementara unsur TNI berjumlah tiga pleton dari kesatuan Kodim 0507, Batalion Infantri Mekanis 202, dan Batalion Armed serta satu pasukan dari Polresta Bekasi Kota.
 
Belasan truk Dinas Kebersihan dan dua alat pengeruk milik Dinas Bina Marga, disiapkan untuk membersihkan lapak PKL yang berada di kedua akses jalan tersebut. 
 
Ada sekitar ratusan lapak PKL serta sampah yang berada di saluran diangkut ke dalam truk. Petugas lainnya membersihkan serta mengangkut lapak pedagang. 
 
Kepala Dinas Perekonomian Rakyat (Dispera) Kota Bekasi, Abdul Iman mengatakan Pemkot Bekasi kembali menertibkan para PKL yang ada di Pasar Baru, guna mengembalikan fungsi jalan raya yang ada. Sebab selama ini jalan yang ada di depan Pasar Baru masih dipenuhi lapak PKL dan menutup akses jalan masyarakat.
 
"Penertiban ini dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi jalan raya yang ada. Normalisasi saluran juga kembali dilakukan karena dipenuhi sampah," katanya
 
Menurutnya, para pedagang akan diarahkan berjualan di dalam Pasar Baru. Hanya yang menjadi kendala ketersediaan lapak di dalam Pasar Baru tersebut masih belum memungkinkan untuk ditempati. Untuk itu, kata Abdul Iman, pihaknya segera memanggil pihak pengelola pasar untuk mempersiapkan kebutuhan kepindahan para PKL di Blok 2 Pasar Baru. 
 
"Kita akan bahas dan akomodir untuk mencari solusi para PKL yang telah ditertibkan ini pada hari Senin (4/5) bersama unsur terkait," ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu, penertiban juga dihadiri Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Dandim 0507/Bekasi Yuda Rismansyah. Mereka memantau kegiatan penertiban dan meninjau ketersediaan lapak para pedagang di Blok 2 Pasar Baru. ***
Editor :
Sumber : Humas Pemkot
- Dilihat 1016 Kali
Berita Terkait

0 Comments