Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 15/05/2017 12:00 WIB

BPJS Kesehatan Bekasi Rilis Care Center 1500-400 Tingkatkan Pelayanan 'Virtual Service'

Skema Alur Peningkatan Care Center BPJS Kesehatan Bekasi
Skema Alur Peningkatan Care Center BPJS Kesehatan Bekasi
BEKASI_DAKTACOM: BPJS Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat. Calon peserta tidak perlu mengantre panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500-400 (biaya gratis) calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta Mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesejatan Care Center atau Virtual Service.
 
Kepala Cabang Utama Bekasi, Siti Farida Hanoum mengatakan, Peserta JKN-KIS khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori pekerja bukan penerima upah (PBPU)/peserta Mandiri dan peserta kategori bukan pekerja (BP).
 
BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan, pengaduan tanya dokter dan pengelolaan media sosial, dan sekarang dikembangkan fungsinya, salah satunya adalah pendaftaran peserta PBPU atau mandiri dan peserta bukan pekerja. Selain itu peserta juga dapat melalukan perbaikan atau perubahan data kepersertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama,” paparnya kepada Dakta Senin (15/17).
 
Ia melanjutkan, hal yang dipersiapkan oleh calon peserta sebelum mendaftar via telpon care center adalah, nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependidukan (NIK), nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor ponsel dan alamat tempat tinggal untuk pengiriman kartu.
 
Setelah agen care center menyatakan pendaftaran via telpon selesai, nomor virtual account akan dikirim ke nomor ponsel atau e-mail calon peserta, setelah mendapatkan nomor VA peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.
 
“Peserta yang mendaftar Via Care Center wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. Sejak pembayaran pertama tersenuf kartu peserta telah aktif, BPJS kesehatan akan mengirimi kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telag di informasikan pada saat mendaftar,” terangnya.
 
Dirinya menerangkan bahwa upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadj salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2017.
 
“Kami BPJS Kesehatan akan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepar cakupan kepesertaan,” tutupnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 2594 Kali
Berita Terkait

0 Comments