Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Senin, 20/03/2017 07:30 WIB

Kemenag Sertifikasi Ribuan Pembimbing Manasik Haji

kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji
kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji
SOLO_DAKTACOM: Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah tengah menggulirkan program sertifikasi pembimbing manasik haji sejak tahun 2012. Program ini digulirkan untuk memastikan para petugas pembimbing jemaah haji Indonesia sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan.
 
Kasubdit Bimbingan Jemaah Ali Rokhmad mengatakan bahwa sampai saat ini, baru ada 2.730 pembimbing manasik haji yang sudah bersertifikat. "Target pembimbing yang ingin dicapai sebanyak 4.688 orang atau dengan rasio 1:45 jemaah," ujar Ali Rokhmad saat menjadi narasumber pada acara sertifikasi pembimbing manasik haji di Asrama Haji Donohudan, Solo, Ahad (19/03).
 
Acara ini digelar Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (LPP-KBIH) Muhammadiyah/Aisyiyah bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.
 
Menurut Ali, Kementerian Agama telah menetapkan bahwa penyelenggara sertifikasi pembimbing manasik haji adalah tujuh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Selain UIN Walisongo, PTKIN lainnya adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Alaudin Makassar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sumatera Utama, dan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang.
 
Ali Rokhmad menambahkan, target jumlah pembimbing manasik bersertifikat harus sudah terpenuhi sampai dengan tahun 2019 harus sudah terpenuhi. Untuk itu, proses kegiatan sertifikasi terus dilakukan. Beberapa lembaga yang telah bekerjasanya menyelenggarakan program ini, antara lain: Forum Komunikasi KBIH Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Mabes TNI Angkatan Laut.
 
"Ditjen PHU juga sudah menerbitkan 5 modul dan 4 buku bacaan wajib yang dijadikan sebagai bahan pegangan bagi para narasumber dan peserta sertifikasi," ujarnya.
Editor :
Sumber : Kemenag.com
- Dilihat 1702 Kali
Berita Terkait

0 Comments