Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/04/2015 09:32 WIB

Jadilah Orang Tangguh Seperti Pohon Kurma

Pohon kurma di tengah gurun
Pohon kurma di tengah gurun

Oleh: Ulil Albab

Pohon korma lazim dijumpai di Timur Tengah. Dengan kondisi tanah yang kering, gersang, tandus & kerap dihantam badai gurun yang dahsyat, hanya pohon korma yang bisa bertahan hidup. Tak berlebihan kalau pohon korma dianggap sebagai pohon yang tahan banting.

Kekuatan pohon korma ada di akar-akarnya. Petani di Timur Tengah menanam biji korma ke dalam lubang pasir lalu ditutup dgn batu. Mengapa biji itu harus ditutup batu ?  Ternyata, batu tsb memaksa pohon korma berjuang untuk tumbuh ke atas. Justru karena pertumbuhan batang mengalami hambatan, hal tsb membuat pertumbuhan akar ke dalam tanah menjadi maksimal. Setelah akarnya menjadi kuat, barulah biji pohon korma itu bertumbuh ke atas, bahkan bisa menggulingkan batu yg menekan diatasnya.

"Ditekan dari atas, supaya bisa mengakar kuat ke bawah."

Bukankah itu prinsip kehidupan yang luar biasa ?

Sekarang kita tahu mengapa Allah kerapkali mengijinkan tekanan hidup datang. Bukan untuk melemahkan & menghancurkan kita, sebaliknya Allah mengijinkan tekanan hidup itu untuk membuat kita berakar makin kuat. Tak sekedar bertahan, tapi ada waktunya benih yang sudah mengakar kuat itu akan menjebol "batu masalah" yang selama ini menekan kita. Kita keluar menjadi pemenang kehidupan.

Bukankah Rasul bersama sahabat juga mengalami ujian yang berat ? sampai-sampai rasul berkata "kapan datang pertolongan Allah? Allah ternyata menjawab bahwa pertolonmgan Allah itu dekat"

Jangan terlalu bersedih, ketika sejumlah aktifis Islam, para du'at, ulama, mendapat tekanan, intimidasi, dihina, dipenjara, bahkan ditembak mati oleh dari kelompok yang tak senang tegaknya syariat Islam. Itu adalah bagian dari ujian sekalisgus untuk membangun kekuatan dan ketangguhan.

Allah mendesain kita seperti pohon korma. Sebab itu jadilah tangguh, kuat & tegar menghadapi beratnya kehidupan.

Milikilah cara pandang positif bahwa tekanan hidup tak akan pernah bisa melemahkan, justru tekanan hidup akan memunculkan kita menjadi pemenang2 kehidupan.

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 13885 Kali
Berita Terkait

0 Comments