Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 24/02/2017 06:00 WIB

Bawaslu: Petugas TPS & PPS Tak Paham Regulasi

Harminus Koto Ketua Bawaslu Jawa Barat
Harminus Koto Ketua Bawaslu Jawa Barat
CIKARANG_DAKTACOM: Bawaslu provinsi Jawa Barat menilai petugas TPS dan PPS yang bertugas di Pilkada 2017 masih lemah dalam memahami regulasi Pilkada sehingga terdapat ketidak sinkronan data dalam rapat pleno rekapitulasi suara yang digelar di kantor KPU Kabupaten Bekasi, Kamis (23/2).
 
Ketua Bawaslu provinsi Jawa Barat, Harminus Kotto ditemui saat rapat pleno penghitungan suara di kantor KPU, jl Rengasbandung Kedungwaringin mengatakan pihaknya menemukan ketidakjelian dalam proses rekapitulasi yang dilakukan petugas TPS dan PPS.
 
Alasannya dikarenakan bimbingan yang diberikan oleh KPU hanya 1 kali dan banyak petugas yang tidak hadir saat bimbingan tersebut. 
 
"Sehingga kami memberikan catatan kepada KPU untuk benar-benar melakukan seleksi ketat dalam perekrutan petugas TPS dan PPS agar ketidaktelitian itu tidak terjadi lagi dalam Pilkada mendatang," jelasnya.
 
Harminus menambahkan, selain ketidakpahaman petugas mengenai regulasi, formulir C1 juga tidak diberikan ke Panwaslu padahal itu dinilai sebagai Pidana pemilu, setelah dijelaskan barulah mereka mau memberikannya.
 
Ia juga mencermati minimnya partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi jika dibandingkan dengan 2 kota di Jawa barat yang menyelenggarakan Pilkada.
 
Menurutnya ada berbagai faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi pemilih, salah satunya ia mengklaim pencegahan tentang money politik yang dilakukan oleh Panwaslu sehingga banyak masyarakat yang berorientasi uang tidak memilih di Pilkada.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1362 Kali
Berita Terkait

0 Comments