Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 10/03/2015 16:21 WIB

Pesta Syukuran Suku Dayak

KALIMANTAN_DAKTACOM: Warga Desa Sangkima khususnya yang bermukim di jalan trans Kaltim KM 17 Kecamatan Sangatta Selatan, Kutai Timur, Kalimantan Timur, akan menggelar syukuran dan pesta panen pada akhir Maret ini.
 
"Kami baru saja selesai panen padi gunung. Sebagai rasa syukur kepada Tuhan akan diadakan syukuran dan pesta panen" kata Uyang Tanen kepada wartawan.
 
Menurut Uyang Tanen ditemani Pdt Ely Lahang, bahwa keberhasilan kami menanam padi gunung cukup memuaskan, makanya kami akan mengadakan syukuran.
 
Dia mengatakan, keduanya dalam acara syukuran dan pesta nanti akan diadakan berbagai acara budaya, seperti ada tarian khas Suku Dayak Kenyah. Selain ditampilkan tarian khas Suku Dayak, juga akan ada paduan suara yang dibawakan oleh warga Suku Dayak kenyah itu.
 
Pdt Ely Lahang menambahkan, panen kali ini ada beberapa jenis padi, seperti padi ketan hitam, ketan putih dan ketan merah.
 
"Selain tiga jenis padi ketan, juga ada padi biasa yang rasanya sangat enak" kata Pdt Ely.
 
Uyang menambahkan panen padi gunung kali ini mencapai sekitar 50 hektare yang tersebar di beberapa lokasi. Kebun padi ladang tidak satu tempat, namun luasnya 50 hektare dengan pemilik sebanyak 40-an KK lebih.
 
"Harga beras padi gunung yang biasa saat ini yakni Rp 14 ribu perkilogram, sedangkan untuk ketan semua jenis harganya Rp 15.000 per kilogram," katanya.
 
Editor: Ayu Yunita
Sumber: Merdeka
Editor :
- Dilihat 2419 Kali
Berita Terkait

0 Comments