Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 23/09/2016 07:15 WIB

Kemenaker Gelar Job Fair di JI Expo Kemayoran

job fair
job fair
JAKARTA_DAKTACOM: Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2016, tingkat pengangguran terbuka turun hingga mencapai angka 7,02 juta orang atau 5,5 persen. Jika dibandingkan dengan februari 2015 yang mencapai 7,45 juta orang sekitar 5,81 persen atau terjadi penurunan sebesar 0,31 persen.
 
Data diatas menunjukan masih tingginya angka pengangguran, terlebih lagi 62 persen dari angkatan kerja di Indonesia adalah kelompok rentan yang berpendidikan Sekolah Menengah (SMP) ke bawah, ini menunjukan bahwa gap antara tenaga kerja skill dengan unskill terlalu lebar. Ditingkat regional Indonesia sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan bukan lagi antara tenaga kerja di Indonesia melainkan dengan tenaga kerja di wilayah ASEAN.
 
Dalam upaya menekan angka pengangguran, Kemnaker setiap tahun mengagendakan  Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Nasional yang bekerja sama dengan PT Jakarta International Expo (JIExpo) yang bertujuan memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh informasi lowongan yang sesuai minat, bakat dan kemampuan serta membantu perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas, terampil dan professional.
 
Pameran kesempatan kerja pada tahun 2016 yang bertemakan “Sinergisitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mencapai 2 juta penempatan kerja tahun 2016”, adapun perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi pada Job Fair saat ini terdiri dari sektor-sektor usaha sebagai berikut: retail, konstruksi, manufaktur, asuransi & perbangkan, oil & gas, media cetak & elektronik, otomotif dan lainnya.
 
Pada kesempatan yang sama Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang Pembentukan Bursa Kerja dan Pendataan Penempatan Tenaga Kerja serta Pemaduan Penyelenggaraan Bursa Kerja di Satuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi. Sinergi antar kementerian ini merupakan upaya mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia usaha yang akan mempercepat penempatan kerja.
 
Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah mempekerjakan Penyandang Disabilitas, hal ini menunjukan pemerintah sangat peduli dan terus berupaya dalam pemenuhan hak –hak penyandang disabilitas di tempat kerja. kami juga memberikan apresiasi kepada Dinas yang membidangi ketenagakerjaan yang telah memberikan pelayanan terbaik dan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 tentang Pelayanan. 
 
Pelaksanaan Job Fair dari tanggal 23-24 September 2016 dibuka dari pukul 08.00 – 16.00 WIB  tanpa dipungut biaya (gratis) dan pencari kerja dapat mengikuti seminar pembekalan serta motivasi dalam menghadapi tantangan memasuki dunia kerja, untuk mempermudah para pencari kerja, pihak panitia memudahkan mekanisme pendaftaran dengan membuka pendaftaran secara on line. Pendaftaran on line dapat bida dilakukan melalui web site http://e-bursakerja.com/home.php dan http://jiexpo.com/jobfair atau untuk mendapat informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center 021-26645000.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 2156 Kali
Berita Terkait

0 Comments