Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/09/2016 15:30 WIB

Koordinasi dengan KPK, PPATK Belum Selidiki Rekening Irman

Irman Gusman 1
Irman Gusman 1
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua PPATK, M. Yusuf mengaku telah berkoordinasi dengan KPK untuk menelusuri aliran dana suap kuota impor gula di Provinsi Sumbar.
 
"Belum, kami belum melakukan penelusuran meskipun memang telah ada koordinasi dengan KPK untuk mengusut kasus suap kuota impor gula di Sumatera Barat ini," ujarnya pada Kamis (22/9).
 
"Pasalnya, kasus ini kan bermula dari operasi tangkap tangan, pake uang cash sehingga kami harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana pola suap yang dilakukan oleh mereka," tambahnya.
 
Disinggung mengenai penyelidikan dari rekening Irman Gusman, Yusuf mengaku belum pernah melakukannya karena mereka sama sekali tidak mencurigai Irman sebelum terjadinya kasus ini.
 
"Belum, kan selama ini kami menganggap dia orang baik. Jadi nggak ada upaya penelusuran sebelum terjadi kejadian OTT ini," paparnya.
 
Seperti diketahui bahwa Ketua DPD RI, Irman Gusman tertangkap tangan oleh KPK menerima uang suap senilai Rp 100 juta dari Xaverius Susanto, terdakwa kasus distribusi gula impor non SNI di Provinsi Sumbar pada Sabtu dini hari lalu. Kasus ini juga melibatkan JPU Kejari Sumbar, Farizal atas kasus tersebut.
 
Akibatnya, Badan Kehormatan DPD RI pada Senin malam melakukan rapat pleno dan memutuskan untuk memberhentikan Irman Gusman dari jabatannya sebagai Ketua DPD RI karena dianggap telah melanggar tatib dengan menjadi tersangka dalam kasus suap kuota impor gula.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1257 Kali
Berita Terkait

0 Comments