Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 25/08/2016 08:30 WIB

Pengamat: Melawan Politik Uang Perlu Komitmen Bersama

Djayadi Hanan
Djayadi Hanan
BEKASI_DAKTACOM: Pengamat politik Djayadi Hanan menyampaikan bahwa perjuangan mengikis budaya politik uang perlu komitmen yang tinggi dari berbagai pihak.
 
Dirinya melihat bahwa iklim demokrasi di Indonesia masih belum sematang negara-negara lain yang sudah lebih lama dan berpengalaman dalam berdemokrasi, oleh karenanya budaya politik transaksional cenderung lebih dominan.
 
"Pola fikir antara Parpol dan masyarakat perlu dibangun bahwa persoalan demokrasi bukan pada transaksi suara, oleh karenanya perlu komitmen bersama agar praktek politik uang bisa ditekan," ujarnya saat diwawancarai Radio Dakta, Kamis (25/8).
 
Ia menambahkan, di satu sisi masyarakat merasa bahwa politikus hanya hadir saat jelang pemilu, sedangkan Parpol merasa jika tidak menggunakan uang, maka partainya akan ditinggalkan konstituen.
 
"Selain itu penguatan aturan dan hukum juga perlu diperhatikan, seba tanpa aturan yang jelas dan tegas, praktik politik uang akan terus berlangsung," paparnya.
 
Menurut dosen  ilmu politik di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Paramadina ini, yang terjadi sekarang justru ketimpangan hukum dimana penegak hukum sering kongkalingkong dengan pelanggar hukum.
 
"Ini yang juga penting diperbaiki agar iklim berdemokrasi di Indonesia menjadi lebih baik," katanya.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1986 Kali
Berita Terkait

0 Comments