Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/07/2016 12:30 WIB

DKP Kabupaten Bekasi dapat Bantuan Korea Selatan

Ilustrasi PJU Hemat Energi
Ilustrasi PJU Hemat Energi
CIKARANG_DAKTACOM: Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat mendapat bantuan sepuluh lampu smart hemat daya dari Korea Selatan.
 
"Sepuluh lampu itu akan dipasang di sekitar kompleks pemerintahan untuk melihat kemaksimalan dalam pemanfaatan," kata Kepala Bidang Penerangan Jalan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bekasi Juniardi, di Kabupaten Bekasi, Senin (25/7).
 
Menurut dia, dalam uji coba ini juga dilakukan penghitung biaya tiap bulannya untuk mengurangi biaya penerangan jalan sebanyak 1.000 titik di sekitar daerah pemerintahannya.
 
Jika dari sepuluh lampu ini dapat mengurangi pengeluaran pembayaran tagihan listrik, maka akan dilakukan kajian pengadaan penerangan jalan.
 
Karena itu dalam pengkajian program ini, jika berhasil akan dilakukan pembelanjaan kembali, untuk mengoptimalkan anggaran dikarenakan anggaran yang diberikan dari pemerintah daerah untuk membayar tagihan penerangan jalan selalu membengkak.
 
Ia menambahkan, kebijakan itu adalah solusi terbaik jika bisa berjalan dengan baik, mengingat Pemkab Bekasi ada 15.000 lampu penerangan.
 
Dia menjelaskan, dalam perubahan program kerja akan dilakukan revisi yang bertujuan mengurangi beban anggaran pembayaran biaya listrik agar biaya listrik dapat dialihkan untuk perawatan dan pembelian material baru. 
 
Sedangkan keuntungan dalam penggunaan lampu itu dapat dikontrol dari jarak jauh, sehingga tidak perlu menunggu laporan dari masyarakat sekitar, cukup dengan melakukan kerja sama dengan teknisi yang selalu siap jika diperlukan untuk memperbaikinya.
 
Dalam perhitungan waktu yang digunakan dimulai pukul 00.00-05.00 WIB, lampu akan diredupkan untuk mengurangi daya agar lebih irit pemakaiannya. Sedangkan untuk daerah yang sepi akan diredupkan pada pukul 02.00-05.00 WIB.
 
Junaidi menegaskan dengan adanya perkembangan teknologi ini, diharapkan semua pegawai tidak lalai dengan tugas dan wewenangnya, dikarenakan lampu ini bersimbiosis dengan android sehingga bisa dilakukan pengecekan.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 1447 Kali
Berita Terkait

0 Comments