Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/07/2016 16:38 WIB
Pemkot Berusaha Tingkatkan Kesadaran Peduli Lingkungan Masyarakat

Distako Kota Bekasi Gelar Kegiatan "Bermain di Taman"

Ilustrasi fasos fasum
Ilustrasi fasos fasum
BEKASI_DAKTACOM: Banyak orang yang akrab dengan oksigen, karena merupakan komponen vital dari proses respirasi, tanpa itu sebagian besar organisme akan mati dalam beberapa menit. 
 
Untuk memenuhi kebutuhan akan Oksigen khususnya di area perkotaan, Khususnya di Kota Bekasi, dimana telah diatur dalam UU No. 26/2007 tentang penataan ruang dimana diisyaratkan luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30% (terdiri dari RTH Publik sebanyak 20% dan RTH Private sebesar 10%). Atau dengan kata lain RTH berfungsi sebagai Pembangunan dari Paru paru Kota untuk penyediaan Oksigen.
 
Pembangunan Paru paru kota, atau lebih akrab dengan istilah Hutan Kota, sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekologi, menjaga kebersihan udara, memelihara ketersediaan air tanah, mencegah banjir dan tempat hidup berbagai jenis satwa. 
 
Namun saat ini terdapat  penuruanan jumlah kuantitas RTH secara signifikan di area perkotaan yang mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan itu sendiri, dan apabila hal tersebut terus menurun dapat mengakibatkan efek rumah kaca, yang tentunya akan merugikan. 
 
Untuk itu kita perlu melestarikan Hutan Kota, serta mengambil tanggung jawab bersama dalam memeliharanya. Untuk wilayah Kota Bekasi sendiri, Hutan Kota terdapat di Kayuringin Jaya - Bekasi Selatan, dengan sebutan Hutan kota Patriot Bekasi, yang merupakan Hutan Kota yang baik dan dapat dijadikan percontohan untuk wilayah kabupaten Bekasi lainnya.
 
Demi menjaga kelestarian dan menumbuhkan peran aktif masyarakat dalam memanfaatkan Hutan Kota khususnya Hutan Kota patriot Bekasi, Dinas Tata Ruang Kota Bekasi akan melakukan sosialisasi dengan mengadakan wisata bermain
 
Hal tersebut untuk menghidupkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya Penataan Ruang dan Ruang Terbuka Hijau, dengan membuat serangkaian acara yang mendidik dan tentunya menarik serta mengusung keceriaan untuk keluarga dengan tema “BERMAIN DI TAMAN” 
 
Acara tersebut akan mempersembahkan Karnaval yang menggunakan kostume daur ulang namun layak dan bagus untuk digunakan, berbagai permainan interaktif dan mendidik, Lomba mewarnai untuk anak tentang harapan mereka terhadap Hutan Kota, Photo booth keren serta hadiah yang menarik dan Bicycle Amazing Race sebagai salah satu lomba utamanya.
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan bermain di taman, netizen dapat mengikuti akun Twitter @RTH_Bekasi2016.
Editor :
Sumber : Distako Kota Bekasi
- Dilihat 1539 Kali
Berita Terkait

0 Comments