Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/07/2016 15:28 WIB

DPRD Kota Bekasi keluarkan 4 Rekomendasi Soal PPDB

Daddy Kusrady Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bekasi
Daddy Kusrady Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bekasi
BEKASI_DAKTACOM: Komisi D DPRD Kota Bekasi mengusulkan empat poin dalam evaluasi PPDB tahun 2016, demikian diungkapkan Sekertaris Komisi D Dady Kusradi .
 
Menurutnya dalam pelaksanaan PPDB tahun 2016, banyak kekurangan yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Poin pertama dan penting dalam persoalan PPDB 2016 adalah terkait jalur afirmasi atau siswa kurang mampu yang dinilai masih banyak data yang tidak valid.
 
"Data siswa miskin hanya beralih dari dinas pendidikan ke kecamatan dan kelurahan, sehingga tidak ada verifikasi di lapangan, ini harus jadi bahan koreksi. Apalagi ada beberapa kartu yang tidak terakomodir di tahap pertama, meskipun dapat di rubah dalam juklak dan juknisnya, akan tetapi merubah aturan di tengah berlangsungnya PPDB jadi preseden buruk," ungkapnya pada Jum'at (22/7).
 
Karena itu masih menurut politisi PKS ini, harus dibuat aturan yang baku melalui pembuatan perda PPDB yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan di tahun berikutnya dan hal itu merupakan poin ke dua rekomendasi komisi. Dalam perda nantinya juga mengatur tentang siswa miskin dan jalur zonasi.
 
"SKTM harus terawasi karena banyak kecurangan di dalam pelaksanaannya, ada dugaan orang tuanya mampu bahkan dikategorikan kaya namun masuk dalam catatan jalur Afirmasi," tambahnya.
 
Persoalan ketiga menurut Dady, masih adanya bangku kosong yang harus terisi sesuai dengan ketentuan Undang Undang. Kedepan tidak ada lagi bangku kosong yang tersisa dalam pelaksanaan PPDB 2017.
 
Masalah ke empat yang menjadi rekomendasi Komisi D adalah dana sumbangan awal tahun (SAT) agar tidak mengikat. Disamping SAT harusnya dipungut di akhir tahun karena siswa baru belum masuk dalam komite sekolah. 
 
"Saat diberikan akhir tahun ajaran, karena siswa baru belum masuk dalam komite sekolah, jika memang SAT yang menggunakan dan mengusulkan adalah Komite Sekolah," tambahnya.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1435 Kali
Berita Terkait

0 Comments