Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 21/06/2016 11:51 WIB

Di Kabupaten Bekasi, Peserta KB Pria Masih Sedikit

Ilustrasi Keluarga
Ilustrasi Keluarga
CIKARANG_DAKTACOM: Pemerintah Kabupaten Bekasi masih kesulitan menjaring peserta keluarga berencana dari kalangan pria Hal ini karena minimnya pengetahuan mereka tentang tata cara dan manfaat ber-KB.
 
Dimana dari 107.715 akseptor dengan berbagai alat kontrasepsi, peserta KB pria dengan vasektomi hanya sebanyak 0,6 persen.
 
Kabid Keluarga Berencana pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten bekasi, Pantja Lihestiningsih mengatakan kesulitan menjaring peserta KB pria itu terletak pada minimnya pemahaman, dimana stigma yang berkembang KB hanya untuk para istri.
 
"Padahal KB Pria merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah kehamilan bersifat permanen," ujarnya kepada Dakta, Senin (20/6).
 
KB Pria juga sangat berpengaruh untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, karena berdasarkan data laju pertumbuhan penduduk mencapai 4,7 persen dan tertinggi di Jawa Barat, oleh sebab itu kegiatan KB harus dilakukan. 
 
Apalagi dengan ber-KB maka kerawan sosial dapat lebih rendah jika dibandingkan memiliki anak banyak," katanya.
 
Sementara itu, Pantja menambahkan, alat kontrasepsi yang paling favorit digunakan masyarakat Kabupaten Bekasi adalah dengan cara suntik, dengan jumlah 31,9 persen. Jumlah tersebut sama dengan penggunaan pil KB.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2147 Kali
Berita Terkait

0 Comments