Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/05/2016 10:08 WIB

Kendaraan Berat Dinilai Kerap Rusak Jalan Kabupaten Bekasi

Ilustrasi Truk Kontainer Tonase Tinggi
Ilustrasi Truk Kontainer Tonase Tinggi
CIKARANG_DAKTACOM: Jalan di Kabupaten Bekasi, kerap rusak dan macet akibat banyak kendaraan besar, padahal tonase jalan yang ada tidak sesuai dengan berat kendaraan tersebut sehingga berimbas pada kerusakan jalan, untuk itu dibutuhkan aturan yang membatasi kendaraan berat
 
Kabid Perencanaan Fisik Bappeda Kabupaten Bekasi, E.Y Taufik mengatakan pada Rabu (25/5) bahwa memang jika dilihat dari tonase jalan, kendaraan berat semestinya tidak boleh melintas di beberapa ruas jalan milik Pemkab Bekasi. 
 
"Apalagi peraturan pemerintah di bidang perhubungan dan peraturan Menteri sudah jelas klasifikasinya dimana jalan yang tonasenya kecil tidak boleh dilewati kendaraan berat," ujarnya
 
Untuk itu perlu adanya rambu lalu lintas baik itu plang ataupun barier yang menerangkan bahwa jalan itu tidak boleh dilewati oleh kendaraan truk besar.
 
Ia pun mendorong agar Dinas Perhubungan maupun Bina Marga untuk membuat rambu tersebut, sehingga kerusakan jalan tidak sering terjadi.
 
Ketika disinggung mengenai perlunya dibuat regulasi untuk membatasi truk itu, diakui Taufik, hal itu tidak perlu karena peraturan pemerintah yang lebih tinggi sudah menerangkan mengenai pembatasan jalan. 
 
"Saat ini tinggal implementasi di lapangan, dimana dinas terkait harus tegas apabila ada truk yang melewati jalan tidak sesuai tonase maka perlu dilakukan penindakan," tegasnya.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1222 Kali
Berita Terkait

0 Comments