Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 24/05/2016 16:08 WIB

SVP Bekasi Gelar Program Personal Project

Hasil karya siswa SVP
Hasil karya siswa SVP
BEKASI_DAKTACOM: Sebagai pertanda kelulusan dalam middle years program, Sekolah Victory Plus (SVP) adakan pameran 62 hasil penelitian siswa kelas 10 dalam kegiatan personal project, Senin (23/05).
 
“Personal project ini sepeti skripsinya siswa, dimana siswa di kelas 10 ini harus menyelesaikan ujian middle years program. Jadi untuk menamatkan satu program, siswa harus mengikuti program ujian ini dulu,” ujar Personal Project Coordinator SVP, Neni Rosmariana, kepada Dakta disela - sela acara.
 
Neni mengatakan, kegiatan yang sudah tahun ketujuh diselenggarakan ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan siswa selama satu tahun, yaitu di kelas 10. Dimana persiapannya telah dilakukan sejak siswa masih duduk di kelas 9 SMP.
 
“Ada 62 proyek siswa yang beda-beda. Ini sesuai dengan keminatan para siswa sendiri. Dia minatnya dimana, maka kami persilahkan untuk meneliti tentang itu. Setiap anak kan memiliki persepsi terhadap obyek yang berbeda-beda,” tuturnya.
 
Neni menyebutkan, beberapa proyek yang dibuat anak-anak ialah, penelitian tentang manfaat ojek online di masyarakat, pembuatan charger dari mainan mobil-mobilan, bagaimana cara hidup sukses, penelitian tentang penyakit langka psoriasis, pembuatan lemari multifungsi, pengaruh musik dalam emosi, membuat buku panduan drum untuk pemula, dan masih banyak lagi.
 
“Proyek dimulai dari riset, dilanjutkan ke penelitian, lalu diangkat dan dikenalkan ke media sosial. Semua anak harus mendapatkan treatment yang sama, tanpa pengecualian,” kata dia menambahkan.
 
Dalam penelitian ini pula, lanjut Neni, para siswa haruslah belajar untuk melihat goal dari penelitian yang dilakukannya, dimana harus  berkelanjutan (suistainable), dan harus punya rencana kedepannya.
 
“Dari sini saya melihat mereka berusaha untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Mereka juga belajar banyak hal mengenai cara mengatur waktu, diri, dan kemampuan. Dimana kemampuan-kemampuan mereka akan diasah dalam berkomunikasi dan kolaborasi dengan yang sudah mahir. A good practice. Ini bisa menumbuhkan mereka jauh lebih dewasa,” papar dia.
 
Hasil dari personal project yang dilakukan SVP ini juga tidak main-main. Beberapa karya tulis yang dihasilkan siswa beberapa sudah diterbitkan dan dijual di toko-toko ternama.
 
“Bahkan untuk personal project kali ini pun ada buku yang sudah dalam proses pencetakan di Gramedia,” imbuhnya.
 
Selain itu, ketika masuk ke jenjang universitas, sembilan puluh sembilan persen anak tidak bermasalah dalam presentasi research dan penulisan, karena dalam personal project ditekankan bagaimana para siswa dapat menulis laporan sebagai bukti pertanggungjawaban atas karyanya.
 
“Bahkan ada juga siswa yang mengikuti jalur undangan untuk masuk universitas karena hasil dari proyek ini,” ujarnya. 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1716 Kali
Berita Terkait

0 Comments