Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 07/04/2015 07:36 WIB

Ya Allah, Kenalkan Aku Dengan Diriku

Berdoa dengan khusuk
Berdoa dengan khusuk

“Barang siapa yang mengenal dirinya, ia akan sibuk untuk memperbaiki diri daripada sibuk mencari aib dan kesalahan orang lain” (Ibnu Qayyim)

 

Diantara ciri-ciri kebahgiaan dan kemenangan seorang hamba adalah : Bila ilmu pengetahuannya bertambah, bertambah  pula kerendahan hatiny dan kasih sayangnya. Setiap bertambah amal-amal shalih yang  dilakukan, bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya dalam menjalankan perintah Allah. Semakin bertambah usianya, semakin berkurang ambisi keduniaannya. Ketika bertambah hartanya, bertambah pula kedermawanannya dan pemberiannya kepada sesama.

Jika bertambah ketinggian kemampuan dan kedudukannya, bertambah  kedekatannya pada manusia dan semakin rendah hati kepada mereka. Sebaliknya, ciri-ciri kecelakaan adalah: Ketika bertambah ilmu pengetahuannya, semakin bertambah kesombongannya. Setiap bertambah amalnya, kian bertambah kebanggaannya  pada diri sendiri dan penghinaannya pada orang lain. Semakin bertambah  kemampuan dan kedudukannya, semakin bertambah pula kesombongannya” (Al Fawa-Id, Imam Ibnul Qayyim).

                                                                           ***

Suasana apa yang terekam dalam jiwa kita saat membaca kalimat-kalimat tersebut? Bilakah kita berada dalam daftar orang-orang- yang berbahagian dan menang? Atau celaka? Semoga Allah SWT membimbing hati dan langkah kita untuk tetap memiliki krakter orang-orang yang berbahagia dan menang. Semoga Allah menjauhkan hati dan langkah kita dari krakter orang-orang yang terpedaya oleh ilmu, amal, dan kemapuannya. Amiin.

Salah satu pesan yang bisa kita petik dari petuah Ibnul Qayyim rahimahullah itu adalah, kedalaman ilmunya tentang lintasan dan perasaan-perasaan jiwa. Ibnu Qoyyim rahimahullah yang banyak berguru pada Imam Ibnu Taimiyyah itu, berhasil mengenali krakter jiwa kemanusiaannya, sampai ia pun kemudian banyak mengeluarkan nasehat-nasehat yang maknanya sangat dalam dan menyentuh tentang jiwa.

Semoga bermanfaat.

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 2483 Kali
Berita Terkait

0 Comments