Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/05/2016 10:06 WIB

Pengusaha Kabupaten Bekasi Enggan Serahkan Data untuk Sensus

kawasan industri
kawasan industri
CIKARANG_DAKTACOM: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi terkendala banyaknya perusahaan yang tidak mau memberikan data dalam kegiatan sensus ekonomi 2016.
 
Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi, Heri Gunawan mengatakan program sensus ekonomi yang dilakukan serentak pada 1-31 Mei 2016 merupakan pencacahan di dalam suatu rumah tangga, dan unit usaha untuk melihat omset dan sebagainya yang nantinya di agregasikan menurut kabupaten/kota, provinsi dan secara nasional.
 
Hasilnya sensus ekonomi juga akan menentukan arah kebijakan pemerintah dalam mengambil kebijakan perekonomian nantinya.
 
Namun dalam setiap kegiatan sensus, khususnya di kawasan industri, banyak perusahaan yang menolak untuk dilakukan sensus, mereka khawatir data yang diberikan akan dibocorkan. 
 
"Padahal seringkali sudah disampaikan kepada pengusaha, terkait keterjaminan rahasia data mereka, apalagi hasilnya nanti data itu tidak akan diekspos secara individu, melainkan secara agregat," paparnya kepada Dakta, Selasa (3/5).
 
Heri menambahkan, dalam melakukan sensus, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi bagi pengusaha supaya mau disensus, apalagi dalam undang-undang apabila petugas membocorkan rahasia hasil survey maka akan dikenakan sanksi dan menjamin kerahasian data mereka.
 
Sementara itu sensus ekonomi yang dilakukan juga untuk melihat struktur ekonomi di suatu wilayah, apalagi daya saing saat ini tengah dibuka menyusul diterapkannya masyarakat ekonomi asean.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1183 Kali
Berita Terkait

0 Comments