Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 23/02/2016 11:30 WIB

Batu Saluran Kemih Dapat Dicegah dengan Gaya Hidup Sehat

dr Daniel TM Simanjuntak SpU
dr Daniel TM Simanjuntak SpU
BEKASI_DAKTACOM: Permasalahan munculnya batu di saluran kemih dapat terjadi pada semua orang, namun demikian, dr. Daniel TM Simanjuntak, SpU memberikan tips agar rekan Dakta terhindar dari penyakit ini.
 
"Hindari makanan berlemak, rajin berolahraga dan minum air putih antara2 hingga 3 liter sehari," ujarnya dalam acara Talkshow kesehatan pada Selasa (23/2).
 
Menurutnya, terbentuknya batu di saluran kandung kemih disebabkan oleh pertemuan antara kalsium dan oksalat tanpa intervensi zat-zat pelarut hingga mengakibatkan pengkristalan.
 
Salah satu gejala awal dari munculnya batu di saluran kemih ini adalah warna urine yang berubah menjadi lebih pekat dan rasa sakit saat buang air kecil.
 
Selaku pakar uronologi, Daniel menyatakan setidaknya ada dua solusi bagi penderita batu kandung kemih. Jika ukuran batunya kecil dapat diselesaikan dengan pengobatan non operasi, namun jika sudah besar harus melalui jalan operasi.
 
"Oleh karenanya, bagi yang sudah megalami gejala batu saluran kemih, sebaiknya segera menghubungi dokter spesialis kandung kemih terdekat," sarannya.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 3927 Kali
Berita Terkait

0 Comments