Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 10/02/2016 10:00 WIB

Senator Jakarta Minta Penanganan DBD Juga Fokus Ke Sekolah

Fahira Idris Senator Jakarta
Fahira Idris Senator Jakarta

JAKARTA_DAKTACOM: Saat ini, beberapa daerah telah dinyatakan mengalami kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD).

Sementara di Jakarta, hingga akhir Januari 2016, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, tercatat 611 orang dirawat di rumah sakit di seluruh Jakarta karena menderita DBD.

Selain di permukiman, Dinkes diminta juga fokus melakukan pencegahan DBD di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Jakarta.

“Anak-anak sangat rentan terkena DBD. Hampir tiap hari, dari pagi hingga siang bahkan sore mereka ada di sekolah. Makanya dari 611 orang itu, 40 persennya siswa," ujar Senator Jakarta Fahira Idris di, Senayan Jakarta (9/2).

Walau pencegahan DBD bukan hanya tugas Pemprov DKI Jakarta, tetapi seluruh warga, namun Pemprov adalah aktor utama penangan DBD.

Ini karena dari tiga poin penting pencegahan DBD mulai dari pengobatan penderita DBD, pemberantasan nyamuk, hingga program 3M (menguras, menutup dan mengubur), peran Dinkes sangat signifikan.

Fahira juga mengingatkan, selama musim hujan di mana biasa DBD mewabah, Pemprov DKI Jakarta harus memastikan tidak ada pasien DBD yang ditolak oleh Rumah Sakit karena ruang perawatan penuh atau alasan teknis lainnya. Selain itu, stok darah juga harus dijamin ketersediaanya.

“Jangan sampai ada pasien DBD yang ditolak. Stok darah yang biasanya pada Januari dan Februari menipis harus dicari solusinya agar terus ada," tukas Fahira.

Editor :
Sumber : Rilis DPD
- Dilihat 1979 Kali
Berita Terkait

0 Comments