Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 08/02/2016 08:00 WIB

Pengelola EJIP: Toshiba Hengkang Karena Hubungan Industrial Buruk

pabrik Toshiba
pabrik Toshiba

CIKARANG_DAKTACOM: PT. Toshiba dan Panasonic Lighting yang berlokasi kawasan di kawasan industri EJIP Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi menyatakan akan menutup usahanya, hal itu akibat meruginya perusahaan akibat melemahnya kondisi ekonomi.

 
Pengelola Kawasaan EJIP, Yosminaldi mengatakan rencana tutupnya kedua perusahaan tersebut sudah diketahuinya sejak 2015 lalu, yang diakibatkan oleh lesunya ekonomi.
 
"Disamping ekonomi, ada faktor lain yang menyebabkan mereka berpindah dari kawasannya, yakni buruknya hubungan industrial di Kabupaten Bekasi," ujarnya pada Ahad (7/2).
 
Yosminaldi pun menyatakan bahwa seringkali setiap ada kebijakan yang menyangkut buruh, mereka selalu melakukan aksi unjuk rasa dan mogok kerja, dan tentunya sangat merugikan perusahaan baik secara material maupun moril. 
 
"Hal inilah yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk berinvestasi lebih lanjut di indonesia. Oleh sebab itu, meski belum ada informasi lebih lanjut, namun dikhawatirkan hengkangnya perusahaan akan semakin banyak terjadi," paparnya.
 
Yos menambahkan, jika dibandingkan dengan negara lain, situasinya hubungan industrialnya lebih kondusif.
 
Pihaknya mengaku memiliki kawasan industri serupa di vietnam, dan situasinya benar-benar nyaman bagi investor, dimana para buruh sangat tertib jika melakukan unjuk rasa, tidak seperti di Indonesia yang mengganggu produksi perusahaan.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 5580 Kali
Berita Terkait

0 Comments