Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/01/2016 13:25 WIB

Wakapolda Metro Jaya: Gafatar Tak Tercatat di Kemendagri

Ilustrasi Penolakan Gafatar
Ilustrasi Penolakan Gafatar

JAKARTA_DAKTACOM: Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Nandang Jumantara mengimbau masyarakat untuk selektif dalam berorganisasi.

"Saat ini kami memang sedang melakukan tindakan penyelidikan dan pencegahan terkait banyaknya orang hilang akibat mengikuti suatu organisasi tertentu," ujarnya pada Rabu (13/1).

Saat dikonfirmasi mengenai keterlibatan kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dalam kasus orang hilang ini, Nandang mengakui bahwa organisasi tersebut memang dicurigai.

"Ya salah satunya itu, karena ternyata mereka tidak tercatat dalam daftar ormas di Kemendagri. Organisasi yang nggak jelas seperti itu harus diwaspadai oleh masyarakat, jangan terpancing ajakan mereka," imbau Nandang.

Maka dari itu mereka akan melakukan sosialisasi pemahaman kenegaraan hingga ke tingkat Kelurahan sebagai langkah antisipasi.

"Tentu ada tindakan preventif ya, kami akan turun kepada para Lurah dan Kepala Desa bersama Babinsa dan Babinkamtibmas untuk sosialisasi bagaimana seharusnya cara-cara berbangsa dan bernegara yang benar," jelasnya.

Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dituding menjadi penyebab hilangnya beberapa orang di sejumlah daerah.

Banyak pihak menyebut Gafatar sebagai aliran sesat karena tidak mengakui Muhammad sebagai nabi terakhir. Gafatar juga dikaitkan dengan seseorang yang pernah ditahan kepolisian karena mengaku nabi setelah Muhammad, yakni Ahmad Musadeq.

Reporter :
Editor :
- Dilihat 1525 Kali
Berita Terkait

0 Comments