Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 16/12/2015 11:35 WIB

Johan Budi: Pencegahan dan Penindakan KPK Harus Seimbang

Johan Budi Plt Ketua KPK
Johan Budi Plt Ketua KPK

BEKASI_DAKTACOM: Sebagai salah satu kandidat calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi menyatakan bahwa salah satu poin yang harus dimaksimalkan dalam tubuh KPK di masa depan adalah kesinambungan antara penindakan dan pencegahan.

"Kalau tidak simultan antara penindakan dan pencegahan, penanganan korupsi di republik ini tidak akan berjalan secara efektif," ujarnya dalam wawancara dengan Radio Dakta, Rabu (16/12).

Menurut Budi, suara-suara yang menekan KPK untuk lebih mengutamakan aksi pencegahan korupsi dibanding dengan aksi penindakan adalah bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi.

"Tidak bisa pencegahan dilebihkan atas penindakan atau sebaliknya, hal seperti itu justru melemahkan upaya pemberantasan korupsi," jelasnya.

Johan Budi juga melihat bahwa kedepannya, tantangan KPK akan semakin berat mengingat pelaku korupsi selalu mencari cara terbaru untuk bebas dari jerat hukum.

Maka dari itu, jika dirinya terpilih menjadi ketua KPK kelak, salah satu fokus kerja yang akan ia jalankan adalah meningkatkan sumber daya KPK agar mampu untuk mengungkap kejahatan kerah putih yang semakin canggih.

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1563 Kali
Berita Terkait

0 Comments