Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 28/03/2015 09:10 WIB

Selama Operasi Camar di Poso 15 Terduga Teroris Ditangkap

Operasi Camar memburu terduga teroris di Poso
Operasi Camar memburu terduga teroris di Poso

JAKARTA_DAKTAACOM:  Sebanyak 15 orang terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso ditangkap selama dua bulan Operasi Camar di Poso, Sulawesi Tengah. Mereka kini ditahan Densus 88 untuk diproses terkait keterlibatan mereka dalam kasus terorisme.

"15 orang diamankan dan diproses selama Operasi Camar, kaitannya dengan terorisme kelompok MIT Poso," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Rikwanto, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (27/3).

Mereka diduga berperan sebagai pendukung dan penyedia logistik kelompok Santoso yang beroperasi di hutan di Poso.

Meski belasan pengikutnya sudah ditangkap, namun Santoso sendiri selaku pimpinan MIT tak kunjung tertangkap.

Rikwanto menyebut kondisi geografis menjadi salah satu kendala petugas tak kunjung bisa menangkap Santoso.

Ketika ditanyai apa kendala yang menyulitkan penangkapan pentolan MIT ini, Rikwanto menyebut lokasi operasi sebagai salah satu alasannya.

"Kami harus komprehensif dan hati-hati, di sana kan hutan," ujarnya.

Selain itu, dia juga menyatakan, selain operasi perburuan terduga teroris ini, proses deradikalisasi warga juga akan terus dilakukan.

Saat ini Operasi Camar sudah dihentikan. Namun perburuan terhadap Santoso dan para pengikutnya akan terus dilakukan. "Operasi akan dilanjutkan dengan sandi Operasi Camar Maleo," kata Rikwanto.

Santoso alias Abu Wardah selama ini dicap sebagai gembong teroris. Ia adalah satu nama yang masuk dalam daftar teroris paling dicari di Indonesia.

Ia diduga terlibat penembakan tiga anggota Polisi di BCA Palu pada 25 Mei 2011. Santoso juga disebut sempat memimpin pelatihan teroris di Poso.

Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 2331 Kali
Berita Terkait

0 Comments