Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/03/2015 14:03 WIB

Tips Agar Tak Ada Kesalahpahaman Orang Tua dan Anak

Orang tua dan anak merupakan sebuah ikatan erat yang tak dapat dipisahkan. Tak terhingga cinta dan sayang yang diberikan orang tua terhadap anaknya, namun terkadang terjadi kesalah pahaman antara orang tua dan anak.

Bagaimana agar hal itu tak terjadi? Berikut beberapa tipsnya.

1. Didik anak dengan agama yang baik

Orang tua sangat berperan penting dalam    menanamkan bibit yang baik untuk anaknya, salah satu bibit itu adalah agama, karena dengan pemberian arahan agama yang baik, moral, cara anak bertutur, bersikap, menghadapi masalah akan terkontrol. Itu semua terjadi karena agama yang baik dapat menjadi menumbuhkan akhlak yang baik saat anak berada di lingkungan keluarga dan masyarakat.

2. Komunikasi aktif

Dengan komunikasi yang aktif orang tua dan anak akan memahami kemauan diantara mereka. Komunikasi yang aktif akan menghindari kesenjangan yang dapat menimbulkan kecemburuan komunikasi, sehingga timbulah suasana yang tak diinginkan contoh saja kesalah pahaman pendapat di antara orang tua dan anak.

3. Jangan marah yang berlebihan kepada anak

Terkadang orang tua lost control dalam memperingati anaknya sehingga anak merasa bahwa dirinya buruk di mata orang tuanya sendiri. Hal seperti itulah terkadang menjadikan anak nakal dan tak ingin nurut dengan orang tuanya.

4. Biarkan anak mengutaran maksud dan tujuannya

Buatlah anak dapat mengutarakan hal apa saja yang ia inginkan, apa yang ada di hati dan pikirannya biarlah ia ungkapkan dari awal sampai ia selesai bicara, jika hal itu tak tersalurkan, anak akan merasa bahwa dirinya tak dapat dipercaya, tak dapat di dengar dan tak dapat dihargai dengan baik. Akibatnya anak melakukan hal yang agak melenceng dan mencoba mencari perhatian dengan tindakan yang kurang baik.

5. Luangkan waktu untuk anak

Saat ini yang bekerja bukan hanya ayah saja, untuk memenuhi kebutuhan ibupun harus bekerja. Sekarang bagaimana caranya agar anak merasa dirinya ada? Orang tua yang bekerja dua-duanya harus mampu mengatur waktu bekerja dengan keluarga, terlebih anaknya, dengan cara makan bersama, olah raga, berlibur dan hal lain yang dapat menciptakan suasana harmonis antara orang tua dan anak.


Editor    : Ayu Yunita

Editor :
- Dilihat 2072 Kali
Berita Terkait

0 Comments