Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/11/2015 13:30 WIB

Siswa Madrasah Dulang Prestasi di Ranah Sains Internasional

Khanza Iliyana Syafa Meraih Medali Emas dalam Ajang Kompetisi 11th Invention and Prototype Show and
Khanza Iliyana Syafa Meraih Medali Emas dalam Ajang Kompetisi 11th Invention and Prototype Show and

MALANG_DAKTACOM: Siswa madrasah kembali meraih prestasi. Kali ini giliran siswa MTs Surya Buana Malang yang meraih dua award dan medali emas pada event internasional di Kroasia.

Siswa berprestasi tersebut adalah Khanza Iliyina Syafa, siswi kelas 7 MTs Surya Buana.

Khanza mengikuti 40th International Invention Show, 11th Invention and Prototype Show and Student Business Plan Competition, yang diselenggarakan oleh Inova Croatia (Croatian Inventors Association) Zagreb, di Karlovac Croatia, 5-7 November 2015.

Dia adalah satu-satunya wakil dari Indonesia. Dalam lomba tersebut Khanza mempresentasikan karya ilmiahnya dengan judul The Utilization of Food Waste as An Alternative to feed Cats.

“Karya Ilmiah tersebut dipresentasikan Khanza dengan baik, sehingga merik perhatian para juri, baik yang dari Kroasia maupun dari Taiwan. Mereka heran, anak kelas 7 MTs sudah memiliki gagasan yang cemerlang untuk melindungi dan merawat lingkungan,” tutur Sri Istuti Mamik, pimpinan Yayasan Bahana Cita Persada, yang menaungi MTs Surya Bahana, Malang, Selasa (17/11).

Karena kehebatan presentasi Khanza dan signifikansi karya ilmiahnya yang ramah lingkungan dan memiliki nilai ekonomis  tinggi, akhirnya Khanza mendapatkan Special Award dari Polandia dan Taiwan, serta meriah Gold Medal dari Inova Croatia.

Kemenangan Khanza tidak lepas dari usaha madrasah dalam mengembangkan kegiatan Karya Ilmiah. MTs Surya Buana, yang juga memiliki Pondok Pesantren Surya Buana ini mewajibkan setiap peserta didiknya mengikuti program karya ilmiah.

“Setiap akhir semester mereka diharuskan menulis satu karya ilmiah dan dipresentasikan dihadapan guru dan siswa. Jika karya ilmiah tersebut telah memenuhi ketentuan, maka karya tersebut akan diajukan ke kompetisi-kompetisi ilmiah. Salah satu yang berhasil adalah karyanya Khanza,” jelas Mamik, yang pernah menjadi kepala MTsN 1 Malang periode 2000-2007.

“Dalam kesempatan tersebut, kami juga diberi kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Kroasia,” pungkas Mamik yang kebetulan juga ikut mendampingi Khanza di Kroasia.

Editor :
Sumber : kemenag.go.id
- Dilihat 2019 Kali
Berita Terkait

0 Comments