Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 31/10/2015 10:00 WIB

Waspadai Roti Mengandung Shortening Dari Babi

Ilustrasi aneka roti
Ilustrasi aneka roti

BOGOR_DAKTACOM: Banyak orang suka menikmati roti dengan tekstur yang lembut, dan rasanya enak, sesuai selera. Nah, agar dapat dihasilkan roti dengan rasa lezat yang diinginkan itu, maka dalam proses pembuatannya, digunakan bahan antara lain shortening.  

Shortening itu sendiri merupakan bahan dari lemak yang dipergunakan dan dicampur dengan adonan roti agar roti yang dihasilkan menjadi lembut, berasa enak, gurih dan pulen.

Adonan untuk roti kalau hanya dari tepung gandum, hasilnya niscaya keras, kurang atau bahkan tidak enak untuk dikonsumsi.

Dalam kajian yang dilakukan oleh LPPOM MUI, Lemak untuk shortening yang terbuat dari bahan non nabati memiliki peran krusial menentukan kehalalan sebuah produk roti.

Karena dari pengalaman di lapangan, ada temuan bahwa shortening itu ada yang dibuat dengan bahan berasal dari lemak atau lard babi.

Kepala Bidang Pelatihan LPPOMMUI, Ir Nur Wahid M.Si., pada Selasa (27/10) di Kantor LPPOM MUI, Global Halal Centre (GHC) Bogor, menyatakan, dengan audit yang dilakukan oleh LPPOM MUI, kesemua bahan dari lemak itu diteliti secara mendalam, dan ditelusuri dengan beberapa tahapan yang sangat hati-hati.

"Sebab, bahan tersebut merupakan titik-titik kritis keharaman produk yang dihasilkan," ujarnya.

Lebih lanjut lagi, kalaupun lemak itu berasal dari hewan sapi yang halal, tetap mengemuka pertanyaan yang krusial dan sangat menentukan; apakah sapi itu disembelih sesuai dengan kaidah syariah, atau tidak.

“Dari sini dapat dipahami, menikmati roti dengan selera yang diinginkan, walaupun secara sekilas tampak sederhana, namun harus diwaspadai, agar dapat terhindar dari konsumsi produk yang haram,” ujar Nurwahid menandaskan.

Editor :
Sumber : LPPOM MUI
- Dilihat 2423 Kali
Berita Terkait

0 Comments