Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 05/06/2024 13:00 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Menteri ATR/BPN AHY Tanam Pohon di Kawasan Deltamas

Penanaman pohon di Kawasan Deltamas
Penanaman pohon di Kawasan Deltamas

CIKARANG, DAKTACOM - Kawasan Industri Deltamas Cikarang Pusat menjadi lokasi pencanangan penanaman 100.000 pohon oleh Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Acara pencanangan ini berlangsung di Kawasan Industri GIIC Zona A Kota Deltamas pada Rabu (5/6), dihadiri oleh Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Direktur Operasional Kota Deltamas Tommy Satriotomo, serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bekasi.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan bahwa penanaman ini merupakan bagian dari upaya penghijauan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Bibit pohon mahoni dipilih karena mampu menyerap karbon dalam jumlah besar.

"Kami berkomitmen menjadikan kegiatan ini bukan hanya sekadar hobi melainkan juga sebagai budaya kementerian untuk selalu menjaga keseimbangan serta kelestarian alam. Budaya kementerian ini bukan hanya mengurus pertanahan dan tata ruang tetapi juga memperhatikan lingkungan karena ada yang harus kita kembalikan untuk bumi kita," ujarnya.

Pria yang akrab disapa AHY ini menyebutkan bahwa penanaman pohon ini dilakukan secara serentak oleh jajaran Kantor ATR/BPN se-Indonesia, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, sehingga diharapkan berdampak positif bagi lingkungan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa merespons dampak buruk kerusakan lingkungan sekaligus mendukung 'net zero' emisi sesuai semangat Presiden Jokowi," tambahnya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Kabupaten Bekasi dipilih sebagai pusat kegiatan ini untuk menggerakkan seluruh Kantor ATR/BPN se-Indonesia dalam kegiatan penanaman pohon, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Mudah-mudahan ini juga menambah semangat kita dan mendorong agar Kabupaten Bekasi bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga kelestarian lingkungan sekaligus mengurangi emisi," ujarnya.

Direktur Operasional Kota Deltamas, Tommy Satriotomo, menyatakan bahwa Kota Deltamas selalu berusaha berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan dan mengatasi dampak perubahan iklim. Melalui gerakan menanam pohon bersama, pihaknya mengajak para tenant di kawasan industri Kota Deltamas untuk aktif mengurangi emisi global dan bersama-sama menghasilkan udara sejuk, bersih, dan sehat.

"Dalam kesempatan ini kami menanam seribu pohon yang terdiri dari pohon gmelina, gabon, mangga, dan flamboyan. Kami akan terus berupaya menjadikan Kota Deltamas sebagai kawasan industri yang bersih, sehat, dan ramah lingkungan," ungkapnya. * * *

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 374 Kali
Berita Terkait

0 Comments