Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/12/2023 15:53 WIB

Mengenal Pengobatan Melalui ECIRS, Pada Kasus Batu Ginjal Kompleks

Dr.Regi Septian M.Kes Sp.U
Dr.Regi Septian M.Kes Sp.U

BEKASI, DAKTA.COM - Penyakit batu ginjal atau istilah medisnya nefrolitiasis, adalah kondisi terbentuknya materi padat dan keras yang menyerupai batu pada ginjal. Batu tersebut berasal dari garam dan mineral di dalam ginjal. Masalah kesehatan ini bisa muncul di sepanjang saluran urine. 

 

Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi, dokter Regi Septian memperkenalkan metode pengobatan melalui ECIRS, salah satu tatalaksana kasus Batu Ginjal Kompleks.

 

Progam ECIRS atau Endoscopic Combined Intra Renal Surgery merupakan alternatif prosedur minimal invasive surgery yang bisa dilakukan pada kasus batu ginjal kompleks yang tidak dapat diselesaikan oleh metode lainnya.

 

Minimal Invasive Surgery merupakan teknik pembedahan yang dilakukan menggunakan instrument khusus sehingga hanya meninggalkan luka sayatan yang minimal pada pasien.

 

“Kemajuan teknologi kedokteran sudah beralih ke paradigma minimal invasive, sehingga kasus penyakit batu saluran kemih kompleks dapat diselesaikan dengan output lebih baik serta risiko yang lebih minimal,” ucap Regi saat menggelar dialog mengenal ECIRS bersama awak media di Harapan Indah, Kota Bekasi, Rabu (13/12).

 

Ia menyatakan, pembedahan ECIRS merupakan kombinasi dari tindakan Retrograde Intra Renal Surgery (RIRS) atau solusi penyembuhan batu ginjal dengan teknik minimal invasif dan Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL) atau operasi bedah invasif minimal yang digunakan untuk batu ginjal yang terlalu besar untuk dikeluarkan sendiri atau yang tidak dapat diobati dengan menggunakan metode non operatif lainnya.

 

Proses pembedahan ECIRS ini yang akan dikerjakan secara simultan oleh dua dokter yang berperan sebagai operator.

 

“Pemilihan metode dalam sebuah kasus batu saluran kemih merupakan suatu hal yang perlu didiskusikan baik bersama pasien dan dokter,” kata Regi.

 

Dalam prosedur pembedahan, dokter juga akan mengarahkan ekspektasi pasien yang realistis. Sebab, prosedur ECIRS merupakan sebuah metode paling mutakhir dalam bidang urologi.

 

“Pembedahan berguna untuk menangani kasus batu saluran kemih yang kompleks dan diperlukan tim yang handal serta fasilitas dan teknologi yang memadai,” kata dia.

 

 

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : jaenuddin ishaq
- Dilihat 521 Kali
Berita Terkait

0 Comments