Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/10/2015 12:30 WIB

KH. Ma’ruf Amin: Maneger Nasution Tangani Kasus Tolikara Berdasarkan Fakta

KH Maruf Amin
KH Maruf Amin

JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Umum MUI, KH.Ma’ruf Amin menampik tudingan sejumlah LSM bahwa Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution tidak objektif dalam tragedi Tolikara. Menurut Kiai Ma’ruf,  apa yang diungkapkan Komnas HAM soal Tolikara sudah sesuai prosedurnya.

“Dia kan melihat fakta, kalau tidak sesuai fakta proses saja. Sepengamatan saya, Komnas HAM sudah melakukanmya sesuai fakta di lapangan, apa yang dia sampaikan sifatnya faktual,” ujar Kyai disela-sela konpers MUI, di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Selasa (21/10).

Kyai Ma’ruf menilai selama penyelidikan Komnas HAM tidak memihak kepada salah satu kelompok, baik muslim maupun kristen.

“Saya kira Komnas HAM tidak memihak, mereka hanya memberikan laporan apa yang dilihat dan didapat,” terang Kyai Ma’ruf sebagaimana dilansir dari Islampos.com.

Kyai Ma’ruf juga meminta antara kasus Tolikara dan Aceh, supaya proses hukum di Tolikara ditegakkan secara adil.

“Kejadian Tolikara juga dituntaskan secara hukum jangan sampai kejadian di Aceh ditegakan hukum sementara di Tolikara dihentikan, itu tidak adil,” tegas Rais Aam Syuriah PBNU ini.

Sebelumnya, sejumlah kelompok dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melaporkan Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution karena diduga melakukan pelanggaran kode etik dalam menangani Tragedi Tolikara. Salah satunya, Maneger dianggap tidak netral karena terlalu berpihak kepada umat Islam.

Mereka yang melaporkan di antaranya Abdurrahman Wahid Centre UI, Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika, Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Keadilan dan Perdamaian di Tanah Papua, LBH Jakarta, Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), dan Yayasan Satu Keadilan. (suandriansyah)

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Islampos.com
- Dilihat 985 Kali
Berita Terkait

0 Comments