Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/10/2015 12:00 WIB

Soal Tolikara, Sejumlah LSM Adukan Maneger Nasution Karena Dianggap Bela Islam

Maneger Nasution
Maneger Nasution

JAKARTA_DAKTACOM: Sejumlah kelompok dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melaporkan Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution karena diduga melakukan pelanggaran kode etik dalam menangani Tragedi Tolikara. Salah satunya, Maneger dianggap tidak netral karena terlalu berpihak kepada umat Islam.

Mereka yang melaporkan di antaranya Abdurrahman Wahid Centre UI, Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika, Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Keadilan dan Perdamaian di Tanah Papua, LBH Jakarta, Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), dan Yayasan Satu Keadilan.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Komnas HAM Nur Kholis membenarkan adanya laporan tersebut. Ia menjelaskan pengaduan itu dilayangkan ke Komnas HAM pada 10 hari yang lalu. Namun demikian, pihaknya belum bisa memutuskan apakah Maneger Nasution telah melakukan pelanggaran kode etik atau tidak.

“Nah itu kan mesti indikator, gak bisa secepat itu (memutuskan). Tapi aduannya kira-kira seperti Itu,” ujar Nur Kholis sebagaimana dilansir Islampos.com, Senin (19/10).

Nur Kholis menegaskan, pihaknya masih mempelajari aduan tersebut dan berkomunikasi dengan sejumlah pimpinan dan tim Komnas HAM untuk Tolikara.

“Saya masih dalami laporannya, karena kalau terkait kode etik itu bukan jadi ranah pimpinan, tapi itu ranah paripurna,” tukasnya.

“Bagi Komnas HAM, semua keberatan akan kami pelajari, tapi yang terpenting adalah penanganan kasus Tolikara. Bagaimana situasi di lapangan membaik dengan kehadiran Komnas HAM,” tambahnya

Secara pribadi, Nur Kholis tidak ingin berspekulasi apakah pembelaan Maneger Nasution terhadap umat Islam Tolikara mencederai institusi Komnas HAM.

“Masih kita kaji,” ujarnya.

Sebaliknya, Nur Kholis mengapresiasi anggota Komnas HAM yang ditugaskan untuk menangani Peristiwa Tolikara. Namun demikian,  Nur Kholis tetap menerima masukan dari sejumlah pihak terkait kinerja Komnas HAM.

“Saya mengapresiasi tim yang sudah bekerja, karena di sana kan capek. Kalau memang ada kesalahan-kesalahan nanti kita lihat, apakah betul itu kesalahan yang sangat fatal.”

Editor :
Sumber : Islampos.com
- Dilihat 1715 Kali
Berita Terkait

0 Comments