Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 21/05/2023 07:30 WIB

Dosen Ubhara Jaya Gelar Pelatihan Keamanan Data Pada Penggunaan MS. Office di TK - SDIT Mutiara Bekasi

Pelatihan Pengamanan Data Pada Penggunaan Ms.Office di SD IT Mutiara
Pelatihan Pengamanan Data Pada Penggunaan Ms.Office di SD IT Mutiara

BEKASI, DAKTA.COM - Keamanan data saat sangat riskan terhadap pembobolan. Terutama pada penggunaan komputer dengan tingkat keamanan yang rendah, membuat semua orang menjaga keamanan dan terutama bagi suatu perusahaan, institusi atau organisasi yang mempunyai dokumen-dokumen rahasia sangatlah penting.

 

Mereka mengamankan dokumen-dokumen tersebut agar terhindar dari gangguan orang lain yang bermaksud memanfaatkan dokumen tersebut untuk suatu kepentingan/ kejahatan. Saat ini, sebagian besar dokumen menggunakan aplikasi Ms. Office, karena aplikasi Ms. Office yang sangat memudahkan siapa saja ketika menggunakannya. Pengolah kata pada Ms. Word, begitu mudah digunakan sehingga siapapun yang menggunakannya akan merasa nyaman dengan pengolah kata ini.

 

Dalam aplikasi Ms. Office pengolah kata disimpan sebagai Ms. Word dan pengolah angka sebagai Ms. ecxel, dan sebagainya. Memang tidak ada yang aneh dalam sistem penyimpanan seperti ini karena memang sebagian besar di antara kita menggunakan semua aplikasi yang ada pada Ms. Office.

 

Keamanan Teknologi Informasi yang semakin maju, tidak hanya pada dunia industri manufaktur tapi juga merambah dunia pendidikan. Hal ini memaksa para pendidik untuk bisa mengembangkan kemampuannya untuk mengetahui bagaimana cara mengamankan data pada Ms.Office.

 

 

Guru merupakan pendidik yang akan memberikan penilaian terhadap anak didiknya. Data-data penilaiannya biasanya tersimpan dalam Ms. Word dan Ms. Excel. Data-data penilaian tersebut termasuk data penting guru dan sekolah.

 

Melihat keadaan ini, tim dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) yang terdiri dari Ratna Salkiawati, S.T., M.Kom., Nurfiyah, S.T., M.Kom., Hendarman Lubis, S.Kom., M.Kom mengadakan pelatihan dengan tema “Pelatihan Pengamanan Data Pada Penggunaan Ms.Office di SD IT Mutiara” sebagai upaya menerapkan pengetahuan tentang pengamanan teknologi informasi saat ini.

 

Materi yang diberikan pada pelatihan ini berupa pengenalan konsep Keamanan Data. Jenis-jenis software dalam membuat bahan ajar dengan Ms. Office. Pelatihan ini sebagai wujud komitmen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pengabdian masyarakat.

 

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 20 Mei 2023 itu dikuti oleh guru-guru TK SD IT Mutiara, Jl. Masjid Al Mujahidin, Kavling RawaMulya, RT 04/03, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

 

Pelatihan yang dilakukan disertai dengan latihan langsung mengamankan data pada Ms. Office. Dimana peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut, dengan mengutarakan pertanyaan-pertanyaan seputar keamanan data pada Ms. Office. ***

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : jaenuddin ishaq
- Dilihat 568 Kali
Berita Terkait

0 Comments