Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 18/04/2023 09:00 WIB

Warga Jabar Puas Pada Kinerja Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan bantuan bagi masyarakat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan bantuan bagi masyarakat
BANDUNG, DAKTACOM - Hasil survei lembaga CigMark mencatat kepuasan warga Jawa Barat pada kinerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil sangat tinggi.
 
Founder CigMark Setia Darma mengatakan hasil survei Maret 2023 pada 2000 responden tersebut mencatat kepuasan masyarakat Jawa Barat terhadap kinerja Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat mencapai 90,27 persen.
 
"Angka 90,27 persen ini gabungan dari yang sangat puas 19,78 persen dan 70 persen lebih cukup puas," katanya dalam rilis Inventarisasi Permasalahan di Jawa Barat serta Kepuasan Pada Pemerintah di Bandung, Senin (17/4/2023).
 
Menurutnya sebanyak 73,55 persen responden menginginkan kembali Ridwan Kamil sebagai Gubernur untuk periode selanjutnya.
 
"Ada faktor trust yang kuat dari masyarakat pada Ridwan Kamil untuk menuntaskan sejumlah persoalan yang dikeluhkan," katanya.
 
Menurutnya dari penilaian masyarakat Jawa Barat terhadap  beberapa hal yang muncul dan dianggap permasalahan di Jawa Barat yang penting untuk ditanggapi dan ditangani oleh para stake holder. 
 
Secara umum dalam hasil survei tersebut diantaranya adalah tiga  keluhan utama terkait permasalahan jalanan yang rusak 41,00 persen kemudian masalah pengangguran 40,08 persen dan modal usaha kecil 28,08 persen.
 
Sementara apabila dilihat permasalahan berdasarkan aspek akonomi, kenaikan harga beras dan BBM merupakan permasalahan yang harus segera ditangani.
 
"Dari aspek Pendidikan adalah harapan akses bagi masyarakat miskin untuk menikamati pendidikan murah/Gratis.
 
Sedangkan untuk aspek Kesehatan adalah permasalahan akses masyarakat miskin untuk mendapatkan pengobatan/kesehatan murah/gratis," tuturnya. 
 
"Ini persoalan umum di daerah yang dikeluhkan masyarakat, kinerja pemerintahan daerah secara umum bukan provinsi saja. Namun masyarakat menaruh harapan tinggi Pak Gubernur bisa menyelesaikan masalah yang dikeluhkan," katanya.
 
Menurut Darma, kepuasaan atas kinerja Ridwan Kamil dari masyarakat harus dijawab oleh gubernur dengan melakukan koordinasi dengan kepala daerah di 27 kabupaten/kota dan terobosan di sisa waktu jabatan.
 
"Diharapkan dalam empat bulan sisa jabatan ini Ridwan Kamil melakukan sejumlah gebrakan," pungkasnya***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 894 Kali
Berita Terkait

0 Comments