Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 03/04/2023 16:00 WIB

Sub PIN Polio Dimulai, Plt. Wali Kota Bekasi Tinjau Pelaksanaanya di Wilayah Kecamatan Bekasi Timur

WhatsApp Image 2023 04 03 at 19.15.48 1
WhatsApp Image 2023 04 03 at 19.15.48 1
Kota Bekasi, DAKTA.COM  - Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio (Sub PIN Polio) putaran pertama di Kota Bekasi telah dimulai, Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Bersama Istri Wiwiek Hargono lakukan peninjauan langsung pelaksanaannya di Posyandu Cempaka 1 dan 2, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Senin (03/04).
 
Hadir dilokasi, Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Ketua Tp PKK Wiwiek Hargono, Kepala Dinas Kesehatan, Tanti Rohilawati, Camat Bekasi Timur, Fitri Widyati, Lurah Margahayu, Siti Sopiah, dan Kepala Puskesmas setempat.
 
Sub PIN Polio putaran pertama digelar selama satu minggu dari tanggal 03 sampai dengan 09 April 2023 di beberapa titik posyandu, puskesmas se- Kota Bekasi, RS swasta, dan 43 klinik yang berada di Kota Bekasi dengan target capaian 95%. 
 
Masing-masing putaran dilakukan selama satu minggu dan putaran kedua akan dilaksanakan satu bulan kemudian dengan jenis vaksin Novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) diberikan kepada anak usia 0-59 bulan dengan kemasan 50 dosis per vial.
 
Imunisasi Polio memberikan perlindungan kepada anak dari penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh Virus Polio. Virus tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan/kecatatan pada anak.
 
Maka dari itu, menurut Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dibutuhkan kesadaran tinggi dari para orang tua untuk sigap membawa anak-anaknya ke lokasi Sub PIN Polio guna mewujudkan Kota Bekasi bebas Polio. 
 
"Polio adalah penyakit berbahaya dan hanya dapat dicegah melalui imunisasi, maka dari itu anak-anak harus diberikan vaksin secara lengkap. Guna mencegah dan menghindarinya, diperlukan kesadaran yang tinggi dari para orang tua untuk segera membawa anak-anaknya ke posyandu atau puskesmas terdekat dan jangan abai terhadap kesehatan buah hati, demi masa depan mereka," ujar Tri.
 
Selain imunisasi, langkah pencegahan juga dapat dilakukan dari rumah, seperti yang disampaikan Tri Adhianto bahwa, "Imunisasi musti diiringi dengan terapkan selalu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan jangan lupa untuk terapkan kepada anak-anak agar Selalu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebelum dan sesudah beraktifitas begitu pun dengan para orang tua dan orang dewasa lainnya yang berada di sekitar anak-anak, harus bisa mencontohkan hidup bersih dan sehat dengan baik," pungkasnya
 
Sebagai informasi tambahan Tri juga mengingatkan kasus Pada tanggal 14 Maret 2023, "ditemukan kasus lumpuh layu akut di Kabupaten Purwakarta dengan hasil pemeriksaan laboratorium bahwa kasus tersebut terkait VDPV (Vaccine Derived Poliovirus) Tipe 2 dengan perubahan 30-31 nukleotida.  Dengan ditemukannya kasus polio di Purwakarta perlu dilakukan Imunisasi serentak, maka Sub PIN Polio digelar serentak di seluruh wilayah Jawa Barat mulai hari ini," Pungkas Tri Adhianto
 
wan

 

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 1070 Kali
Berita Terkait

0 Comments