Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/03/2023 17:00 WIB

FajarPaper Giat Bersih Sungai Bersama Rehab Kali Cikarang dan Dinas Lingkungan Hidup

Kegiatan bersih sungai FajarPaper
Kegiatan bersih sungai FajarPaper

CIKARANG, DAKTACOM - PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, Sabtu (18/3). Kegiatan bersih-bersih ini dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret.

Giat bersih tersebut berkolaborasi dengan Komunitas River Healing Base (REHAB) Cikarang dan juga dihadiri oleh perwakilan beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Kecamatan Cikarang Barat dan Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (JAKER).

Team CSR dan PUK SP KEP SPSI PT. Fajar Surya Wisesa, Tbk ikut dalam berbagai macam kegiatan yang diadakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikarang. Kegiatan tersebut mulai dari giat bersih di tepi sungai, susur sungai, penanaman 30 Pohon bambu di bantaran kali, penebaran 1000 bibit ikan baung yang merupakan Ikan asli endemic kali Cikarang, yang mempunyai kandungan protein tinggi serta rendah lemak, dan bagus untuk kekebalan tubuh dan lomba mewarnai yang diikuti oleh 80 anak-anak yang tinggal disekitar bantaran kali di Desa Kalijaya dan Harjamekar.

“Selamat Hari Air Sedunia, hari air diperingati karena sangat penting untuk kita, 70 persen tubuh kita dari air dan tidak dibutuhkan oleh manusia saja tetapi seluruh makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan, oleh karena itu kita perlu merawat sungai agar bersih.” ungkap Syahdan sebagai perwakilan Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (JAKER) yang selanjutnya membuka acara dengan pembacaan puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Syafri Donny Sirait mengatakan Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret sejak disepakati pada sidang umum PBB ke-47 di Rio De Janeiro Brasil (22 Desember 1992). Hari Air Dunia atau World Water Day merupakan hari peringatan untuk menyadarkan masyarakat di dunia pentingnya sumber air yang berkelanjutan. Peringatan Hari Air Sedunia ke XXIX telah dimulai sejak tahun 1993 dengan tujuan supaya masyarakat di dunia memberi dukungan dalam konservasi air. Peringatan puncak Hari Air Dunia yang ke 30 mengingatkan kita jika air merupakan sumber daripada sumber kehidupan.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan peringatan Hari Air yang diinisiasi oleh River Healing Base (REHAB) Cikarang bekerjasama dengan PT Fajar Surya Wisesa, Tbk. Pemkab Bekasi berharap agar kegiatan ini menjadi contoh bagi para stakeholder & industri dalam merawat serta memelihara lingkungan," ujarnya.

Perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Edi Kurniawan Saputra menyampaikan pentingnya mengkonsumsi ikan untuk anak-anak. Pemerintah memiliki program pencegahan stunting pada anak, yang artinya agar jangan sampai anak-anak mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Maka anak-anak harus makan protein seperti ikan, telur dan protein lainnya dalam kebutuhan gizi setiap hari.

"Ikan yang kita lepas hari ini adalah ikan baung, semoga dapat berkembang dan menjadi sumber makan bagi warga sekitar, serta anak-anak disekitar sini. Terima kasih juga kepada FajarPaper yang telah berpartisipasi dan mendukung program rehabilitasi sungai, sehingga bisa menjadi habitat yang lebih baik bagi ikan di sungai," katanya.

Perwakilan dari Tokoh Masyarakat Kecamatan Cikarang Barat H. Ahmad Bin Olin menyampaikan terimakasih atas dukungan FajarPaper.

“Terima kasih FajarPaper untuk supportnya, semoga selalu memberikan support dalam setiap kegiatan REHAB Cikarang," ucapnya.

Ketua REHAB Cikarang M. Yahya mengatakan pihaknya memiliki program yang dilakukan perbulan, enam bulan dan setahun. Komunitasnya bergerak dalam pembersihan sungai sesuai namanya REHAB Cikarang, River Healing Base (Basis Perawatan Sungai). Adanya acara di tempat ini, harapannya agar warga juga makin sadar bahwa permasalahan sampah ini berbahaya mulai dari penyumbatan sampah yang mengakibatkan banjir dan menimbulkan penyakit. Kegiatan ini melibatkan anak-anak karena untuk mengajarkan ke generasi yang lebih muda mulai pengenalan dari media gambar. Salah satu program dari REHAB Cikarang adalah sekolah sungai.

“Kegiatan ini sangat baik dan positif karena kegiatan selain edukasi kepada masyarakat terhadap kebersihan kali dan cara perawatannya khususnya di Cikarang kab. Bekasi. Terima kasih kepada pihak manajemen FajarPaper karena sangat mendukung dan menjadi percontohan bagi perusahaan yang lain yang berada di Cikarang.” ujarnya

HR Strategic and Business Partner General Manager PT Fajar Surya Wisesa Tbk Jefri D. Tambunan mengatakan kegiatan bersih di aliran sungai Cikarang juga diikuti karyawan kami yang tergabung dalam team CSR dan PUK SP KEP SPSI yang berkolaborasi bersama dengan masyarakat dan komunitas River Healing Base Cikarang mulai dari menebar bibit ikan, membersihkan tepi dan sungai dan juga ada lomba menggambar untuk anak-anak.

"Semoga kegiatan positif ini selalu ada yang memberikan support baik dari perusahaan kami ataupun perusahaan lain yang berada di Kabupaten Bekasi.” katanya.

CSR and Industrial Relations Manager PT. Fajar Surya Wisesa, Tbk Kurniawan mengatakan perusahaan terpanggil untuk aksi giat bersih ini yang diinisiasi oleh REHAB Cikarang dan juga bekerjasama dengan pihak serikat pekerja PT. Fajar Surya Wisesa Tbk.

"Ini adalah wujud kepedulian kami dari pihak perusahaan secara sosial terkait sungai yang ada di Cikarang terlebih lagi dalam memperingati Hari Air Sedunia.” jelasnya.

Ketua PUK SP KEP SPSI PT. Fajar Surya Wisesa, Tbk Usman Sopandi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk perusahaan atas kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, terlebih pada perawatan kali cikarang dalam bentuk pelepasan bibit ikan, penanaman pohon di pinggiran kali, giat bersih dan kegiatan lainnya melalui kerjasama semua pihak yang baik sehingga agenda hari ini sukses dan lancar.

"Semoga apa yang telah kita lakukan bisa memberikan mamfaat untuk warga sekitar dan perusahaan bisa terus melanjutkan program positif ini.” ujarnya.

Selain bantuan peduli kebersihan lingkungan, FajarPaper terus mendukung program CSR dari beberapa bidang lainnya seperti peningkatan pendidikan di Indonesia dengan renovasi sekolah, pemberian beasiswa dan juga bidang lainnya seperti sosial, pemberdayaan masyarakat dengan program ekonomi sirkular dan lingkungan melalui program GEMARI BUMITANIK (Gerakan masyarakat mandiri melalui budidaya maggot, ikan, dan tanaman hidroponik) dengan menggunakan sampah organik dari limbah rumah tangga sebagai pakan maggot, dan juga program lainnya. Bagi seluruh masyarakat, PT. Fajar Surya Wisesa, Tbk mengucapkan Selamat Hari Air Sedunia, marilah kita rawat sungai dan kali yang ada dilingkungan sekitar kita!***

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 932 Kali
Berita Terkait

0 Comments