Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 13/02/2023 19:00 WIB

Gerindra Dalam Turbulensi

gerindra 4
gerindra 4

 

Oleh Alex Wibisono*

 

Apa itu turbulensi? Gerakan yang kagak beraturan ke segala arah yang mengakibatkan guncangan. Itu pengertian simpel, supaya lu mudah memahami.

 

Itulah kira-kira gambaran Gerindra sekarang. Panik, lalu serang Anies. Semua jurus dikeluarkan, tapi kagak beraturan. Akibatnya, terjadilah guncangan.

 

Panik, karena Anies nyapres. Begitu yang ada di benak publik. Panik, lalu serang Anies. Bilang Anies kagak tahu diri. Kagak bisa berterima kasih. Menelikung dari belakang. Macam-macam tuduhannya.

 

Perjanjian hutang kampanye ikut diviralkan. Padahal, udah lunas. Tapi diungkit-ungkit. Point nomor 7 dalam perjanjian hutang yang viral itu, kalau Anies-Sandi menang, hutang lunas. Lah, kan udah menang. Lunas dong. Kenapa sekarang dibuka-buka bro?

 

Lu bantu orang, lu pinjamin uang ke orang, terus lu ungkit-ungkit. Lu bilang ke semua orang kalau lu pinjemin uang ke si anu. Dengan nada marah, lu bilang si anu kagak tahu terima kasih. Kira-kira, orang yang dengerin umpatan lu itu suka kagak? Emang ada orang yang seneng lihat lu pamer-pamer kebaikan ke orang lain? Kagak bro.

 

Itu namanya mukul orang, tapi kena muka sendiri. Siapa yang rugi? Kalkulasi politiknya, ya yang pamer yang rugi. Sekarang malah jadi bahan bullyan yang kagak karuan.

 

Gara-gara serangan yang kagak diukur, Prabowo bisa jeblok elektabilitasnya. Sandi? Hampir pasti akan ikut jeblok juga. Salah strategi bro. Kagak begitu cara main politiknya. Orang akan mengira lu putus asa.

 

Gerindra dan Prabowo salah strategi. Harusnya, Prabowo bilang: selamat kepada Anies yang telah mendapatkan tiket nyapres dari Koalisi Perubahan. Ini anak muda yang smart dan potensial. Aset bangsa kita. Semoga Koalisi Perubahan konsisten dukung Anies. Kita akan bertemu di pilpres 2024. Kita buat kompetisi yang mencerdaskan rakyat. Kontestasi yang fair dan jujur, agar kelak jadi referensi buat sejarah demokrasi di Indonesia.

 

Kalah menang, gue tetap menang. Kalau yang menang gue, gue jadi presiden. Kalau yang menang Anies, gue juga merasa bangga. Gue ikut serta dalam perjalanan karir dan kesuksesan Anies. Gue ikut membesarkan Anies sejak pilgub DKI 2017. Gue menang juga. Kesuksesan Anies itu kesuksesan gue juga.

 

Jika narasi itu yang disampaikan Prabowo, rakyat akan simpatik. Tapi kalau yang keluar itu tuduhan, upaya mendiskreditkan Anies, nagih hutang yang udah lunas, ya blunder. Rakyat makin kagak simpatik.

 

Coba baca medsos beberapa hari belakangan ini. Segala hal yang berhubungan dengan janji-janji Prabowo mulai dibongkar-bongkar. Komitmen Prabowo dengan partai pengusung dan para pendukungnya di pilpres 2019 mulai diviralkan. Pidato Prabowo 2019 berseliweran di medsos. Aduuuh. Salah langkah.

 

Seorang elit Demokrat juga ikut membongkar upaya Sandi dongkel Prabowo di pilpres 2019. Ini baru episode pembukaan. Bisa berlanjut jika suhu politik terus memanas.

 

Gue, dan juga banyak temen gue pada bilang: kok bisa ya urusan privasi dibuka-buka. Ini dunia politik bro, bukan panggung entertainment.

 

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 931 Kali
Berita Terkait

0 Comments