Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 27/10/2022 06:00 WIB

Kemenkes Target Vaksin IndoVac untuk Boooster Tersedia November

INDOVAC
INDOVAC

DAKTA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan vaksin virus corona (Covid-19) buatan dalam negeri dengan merek IndoVac dapat mulai tersedia untuk program vaksinasi Covid-19 lengkap terutama booster pada November 2022.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menambahkan vaksin IndoVac merupakan vaksin dengan platform subunit protein yang dikembangkan oleh PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine.

"Vaksin Sinovac yang dari PT Bio Farma sudah disiapkan dan Insha Allah di bulan November ini akan menjadi tambahan pasokan logistik vaksin yang ada di Indonesia ini," kata Syahril dalam konferensi pers, Rabu (26/10).

Vaksin IndoVac awalnya ditargetkan dapat tersedia pada Oktober ini, namun demikian hasil uji klinik ketiga vaksin IndoVac untuk booster masih dalam tahap finalisasi dan pemeriksaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Syahril berharap pengadaan vaksin IndoVac ini mampu meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 khususnya booster di Indonesia.

Selain IndoVac, masih terdapat satu vaksin buatan dalam negeri yang masih berproses mendapatkan izin edar BPOM. Vaksin tersebut adalah Inavac yang dikembangkan dengan platform inactivated virus oleh tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

"Sehingga dengan beredarnya vaksin IndoVac ini dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan logistik pasien di Indonesia, dan percepatan pencapaian booster semakin meningkat," ujar Syahril.



 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 937 Kali
Berita Terkait

0 Comments