Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/10/2022 19:00 WIB

Gubernur Jabar Dukung Pengelolaan Sampah Melalui TPS3R di Desa Wanajaya

Peresmian TPS3R di Desa Wanajaya
Peresmian TPS3R di Desa Wanajaya
CIBITUNG, DAKTACOM - Sampah masih menjadi persoalan serius di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai meresmikan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recyle) di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat (21/10). 
 
Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan fasilitas pengelolaan sampah ini harus banyak dibangun di kota/kabupaten, karena persoalan sampah masih menjadi hal yang perlu dibenahi. 
 
"Kita tahu bahwa sampah di Jawa Barat perharinya sebanyak 24 ribu ton, hanya 15 persen yang dikelola dan didaur ulang, sementara 70 persennya lagi dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), seharusnya ini dirubah 70 persen sampah didaur ulang, sehingga TPA tidak overload," ucap mantan Walikota Bandung ini. 
 
Ia juga mengapresiasi keterlibatan swasta melalui dana coorporate sosial responsibility (CSR) untuk membangun TPS3R di Desa Wanajaya. 
 
"Semua elemen di Kabupaten Bekasi pelan-pelan bersatu, membangun fasilitas lingkungan sehingga rakyatnya bisa hidup dalam kondisi bersih dan asri, sungai-sungai juga sudah mulai bersih, setelah sebelumnya dipenuhi sampah," ucapnya. 
 
Emil menginstruksikan supaya Kabupaten Bekasi menjadi percontohan wilayah yang peduli lingkungan, sungai-sungai kotor dipenuhi sampah serta viral di media sosial harus dibenahi. 
 
"Kabupaten Bekasi harus full dalam membersihkan sampah, dengan adanya TPS 3R maka sampah sudah harus habis di desa jangan semua dibuang ke TPA," jelasnya. 
 
Sementara itu, TPS 3R ini dibangun oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) diatas lahan seluas 4000 meter persegi. Pembangunannya diharapkan bisa menjadi induk dari bank sampah yang sudah banyak di kecamatan Cibitung. Sampah itu nantinya bisa dimanfaatkan, diolah, dan bernilai guna dan menambah perekonomian masyarakat sekitar***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 956 Kali
Berita Terkait

0 Comments