Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 16/10/2015 11:07 WIB

Mengungkap Persoalan Medis Terkait Gigi Bungsu

drg Andi Alfatahul Hadi SpBM dari RS Mitra Cikarang
drg Andi Alfatahul Hadi SpBM dari RS Mitra Cikarang

BEKASI_DAKTACOM: Kasus erupsi gigi bungsu di ruang rahang yang tidak punya cukup ruang bisanya sangat mengganggu serta mengakibatkan berbagai persoalan medis mulai dari infeksi, peradangan hingga kista.

drg. Andi Alfatahul Hadi, Sp.BM dari RS Mitra Cikarang menyatakan dalam dialog bertema Gigi Bungsu & Permasalahannya di Radio Dakta, Jum'at (16/10) menyatakan bahwa salah satu efek dari problem gigi bungsu ini adalah pusing-pusing hingga kram leher.

"Dalam beberapa kasus kita akan melakukan pembedahan minor untuk mengangkat gigi bungsu yang bermasalah," ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kebanyakan masalah gigi bungsu sangat terkait erat dengan kebersihan. Sebab posisi gigi bungsu yang sulit dijangkau sikat gigi berpotensi menimbulkan tumpukan sisa makanan yang dapat berujung menjadi infeksi.

"Disini harus pintar-pintar kita memilih sikat gigi yang bisa menjangkau daerah ujung gigi," paparnya.

Andi menekankan bahwa untuk operasi gigi bungsu dilakukan bagi gigi yang tumbuh menyamping serta berpotensi menimbulkan masalah di masa yang akan datang.

Ia juga menyarankan, sebagai langkah pencegahan, rontgen panoramic dapat dilakukan untuk melihat apakah ada potensi tumbuhnya gigi bungsu bermasalah.

"Nanti bisa kita lihat apakah gigi tersebut dapat tumbuh normal dan ada tempat untuk dia tumbuh, jika tidak kita bisa lakukan pencabutan dini sebelum terjadi masalah," ungkapnya.

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2592 Kali
Berita Terkait

0 Comments