Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 07/09/2022 16:18 WIB

Satukan Semangat Keberagaman, Pagelaran Kebudayaan PNBK Hadir di Stadion Bekasi Sabtu Mendatang

Plt.Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Deded Kusmayadi
Plt.Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Deded Kusmayadi

BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kota Bekasi akan menggelar pementasan kolaborasi kebudaayan nusantara secara terbuka dan kolosal dengan mengangkat tema “Pesona Nusantara Bekasi Keren“ di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi pada Sabtu (10/9) mendatang.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Diketahui dalam pagelaran kolaborasi kebudayaan Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) tersebut direncanakan akan dimeriahkan berbagai pertunjukan kesenian, kebudayaan seperti tari nusantara, reog dan senam massal.

 

Sejumlah pagelaran akan hadir dalam pesta kesenian dan kebudayaan tersebut diantaranya yakni seperti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA), Tari Ronggeng massal beken, Tari Kecak, Tari Tortor, Tari Anyam, Tari Nusantara, Tari Saman, Reog dan musik tradisional Ukulele.

 

"Awal acara akan ada kirab merah putih. Ada juga tim barakuda, paskibraka yang diikuti oleh elemen masyarakat star dari simpang BCP hingga ke arena acara di Stadion Patriot," ucap Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Deded Kusmayadi dalam konferensi pers kepada peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers LPDS di Aula Nonon Sontanie, Rabu (7/9).

 

Di dalam area Stadion Patriot berbagai hiburan akan ditampilkan diantaranya tari barong Bekasi. "Alhamdulillah tari barong dan babaritan (sedekah bumi) khas Kota Bekasi ini, menjadi warisan budaya tak benda dari Pemprov Jabar," jelas Deded. Dalam pagelaran itu juga diisi parade adat dan tokoh nusantara, dimana peserta terlibat mengenakan baju daerah.

 

Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) merupakan pagelaran kolosal multicultural yang akan dipadukan dengan budaya nusantara. Selain bertujuan untuk memeriahkan semangat keberagaman berbangsa, hal itu dilaksanakan sekaligus untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Kota Bekasi salah satu miniatur Indonesia secara budaya nusantara.

 

“Iya pada pagelaran tersebut nantinya akan mempertunjukan pementasan Tari massal secara terbuka dan kolosal yang dipadukan dengan berbagai unsur kebudayaan nusantara," papar Deded.

 

Pada pagelaran itu, nantinya akan diikuti sekitar 10.000 peserta yang berasal dari siswa SD, SMP dan Komunitas Sanggar Kesenian dan Kebudayaan Daerah yang ada di Kota Bekasi.

 

“Iya kita sudah menggelar beberapa kali latihan. Tentunya dalam mempersiapan kegiatan ini seluruhnya tidak terlepas di bawah kepengawasan dan pendampingan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi, mudah mudahan terus berjalan lancar,“ katanya.

 

Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 794 Kali
Berita Terkait

0 Comments