Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 22/08/2022 08:40 WIB

Menelusuri Perjalanan Panjang untuk Berkarir sebagai Masinis

Ilustrasi masinis KAI.Foto Instagram Jevi Santosa
Ilustrasi masinis KAI.Foto Instagram Jevi Santosa

JAKARTA, DAKTA.COM - Menjadi masinis merupakan profesi yang memiliki banyak peminat. Akan tetapi, ternyata agar bisa menjadi masinis harus menempuh perjalanan panjang. Hal itu pun seimbang dengan berbagai keunggulan dari profesi tersebut.

 

Masinis merupakan orang yang punya tanggung jawab dalam menjalankan kereta api. Menurut beberapa sumber, masinis merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda yakni Machinist yang artinya juru mesin. Pengambilan nama tersebut dikarenakan zaman dulu, kereta api dijalankan oleh juru mesin.

 

Tidak hanya itu, bekerja menjadi masinis pun bisa dibilang menjanjikan. Sebab, profesi ini memiliki gaji yang lumayan tinggi mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 12 juta per bulan. Tentunya, tergantung pengalaman dan kompetensi yang dimiliki.

 

Salah satu yang harus Anda perhatikan dalam hal ini adalah menyertakan CV atau resume kerja yang menarik dan berisi informasi penting tentang diri Anda. Di situs berikut ini Anda bisa mendapatkan CV atau resume menarik untuk melamar kerja sebagai masinis.

 

Langkah Menjadi Masinis

Menjadi masinis ternyata tidak mudah, ada perjalanan panjang yang harus dilalui untuk bisa menjalani profesi yang satu ini. Mulai dari syarat, proses rekrutmen, sampai langkah melamar pekerjaan. Berikut penjelasan yang dapat Anda pahami.

 

Syarat

  1. WNI dibuktikan dengan KTP atau KK
  2. Pria dengan surat keterangan sehat
  3. Punya ijazah SMA dengan nilai UN rata-rata minimal 6,0 atau Ijazah Diploma dan setingkat
    1. Umur pelamar per tanggal lamaran minimal 18 tahun serta maksimal 25 tahun untuk Anda yang memakai ijazah SMA
    2. Usia pelamar per tanggal lamaran minimal 22 tahun serta maksimal 30 tahun untuk Anda yang memakai ijazah diploma atau setingkat.
  4. Tinggi badan minimal 165, akan tetapi syarat ini sebenarnya diperlukan untuk Anda yang melamar di bagian formasi operasional.
  5. Surat kelakuan baik dari kepolisian
  6. Tidak memiliki tato dan tindik. Juga, tidak pernah memiliki keterlibatan dalam kasus narkoba atau psikotropika
  7. Selain itu, tidak pernah punya riwayat kriminal atau dipenjara
  8. Tidak pernah punya riwayat diberhentikan di institusi lain karena masalah kedisiplinan
  9. Lulus pada seleksi rekrutmen PT KAI

Syarat tersebut merupakan hal dasar yang harus dipersiapkan untuk melamar menjadi masinis. Pastikan Anda pun menyiapkan berbagai dokumen yang bisa menjadi bukti dalam persyaratan tersebut.

 

Langkah Jadi Masinis

Setelah memenuhi syarat di atas, Anda pun harus melakukan pendaftaran ke PT KAI di laman resminya. Anda bisa mengisi berbagai persyaratan yang dibutuhkan melalui laman tersebut. Setelah itu, Anda harus melalui beberapa langkah atau tahap berikut.

 

1.    Tahap Administrasi

Langkah pertama yang perlu Anda lalui untuk menjadi masinis ialah tahap administrasi. Setelah semua formulir dengan data diri dan CV dikirim, nantinya akan dikirim secara seksama. Apabila Anda bisa lolos dari tahap yang satu ini, bisa lanjut ke tahap seleksi kesehatan awal.

 

2.    Tes Kesehatan Awal

Pada tahap ini, Anda akan menjalani beberapa pemeriksaan. Mulai dari memeriksa tinggi, berat badan, sampai indikator kesehatan dasar yang lain. Seperti tekanan darah, serta sejumlah pemeriksaan tertentu layaknya tes mata, telinga, serta gigi.

 

3.    Psikotes

Selanjutnya, Anda akan masuk ke tahap psikotes. Menurut beberapa sumber, soal psikotes yang disediakan PT KAI mirip dengan soal psikotes di perusahaan pada umumnya ketika Anda melamar kerja.

Sejumlah soal yang diberikan mencakup soal logika, aritmatika, analog verbal, EPPS, keahlian membaca, sampai tes khusus semisal tes koran.

 

4.    Interview

Apabila Anda dinyatakan lolos di tahap psikotes, nantinya akan masuk ke tahap interview atau wawancara. Proses interview untuk menjadi masinis sama seperti proses wawancara kerja pada umumnya.

Akan tetapi, Anda pun harus mencari tahu terlebih dahulu tentang pertanyaan yang kerap dilontarkan pihak PT KAI. Anda pun harus memberikan jawaban yang memuaskan agar bisa lolos dari tahap ini.

 

5.    Tes Kesehatan Akhir

Jika Anda bisa berhasil lolos di tahap interview, Anda masih harus menjalani tes kesehatan akhir. Di sini, Anda akan menjalani beberapa pemeriksaan secara menyeluruh atau medical check up.

 

Nantinya, tim kesehatan akan memeriksa fisik secara menyeluruh. Lalu, akan ada pemeriksaan tambahan. Mulai dari rontgen dada, rekam jantung, tes urin, serta pemeriksaan laboratorium dasar. Jika sudah memenuhi kriteria, maka Anda berhasil menjadi masinis di PT KAI.

 

Nah itu dia beberapa informasi yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi seorang masinis kereta api. Seperti yang sudah disampaikan di awal, menjadi masinis membutuhkan proses panjang dan perjuangan yang tidak mudah. Dengan begitu, Anda pun harus bisa memenuhi berbagai persyaratan dan melalui berbagai tahapan hingga lolos. Tetapi, hal itu bisa terbayarkan dengan pekerjaan yang cukup menjanjikan ini. Namun, jika Anda gagal dalam proses ini, jangan berkecil hati, Anda masih bisa mendapatkan pekerjaan lain yang tentunya tidak kalah menjanjikan. Selamat mencoba. ***


 

Reporter :
- Dilihat 10373 Kali
Berita Terkait

0 Comments