Internasional / Eropa /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 20/07/2022 20:00 WIB

Balas Zelensky, Suriah Putus Hubungan Diplomatik dengan Ukraina

presiden ukraina volodymyr zelensky 169
presiden ukraina volodymyr zelensky 169

 


DAKTA.COM  - - Suriah memutus hubungan diplomatik dengan Ukraina pada Rabu (19/7), sebulan setelah Presiden Volodymyr Zelensky mengambil langkah serupa pada Juni lalu.

"Republik Arab Suriah memutuskan menghentikan hubungan diplomatik dengan Ukraina," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Suriah kepada media pemerintah SANA, Rabu (19/7), dikutip AFP.

Ia juga berkata," [tindakan tersebut] sesuai prinsip timbal balik, sebagai tanggapan atas sikap pemerintah Ukraina."

Pada Juni lalu, Zelensky memang memutus hubungan diplomatik usai Suriah mengakui kemerdekaan Luhansk dan Donetsk, wilayah Ukraina yang dikuasai separatis pro-Rusia.
Pilihan Redaksi

"Tak ada lagi hubungan antara Ukraina dan Suriah," kata Zelensky kala itu.

Suriah menjadi negara pertama yang mengakui wilayah kemerdekaan Luhansk dan Donetsk setelah Rusia.

Pemerintahan Assad sudah sejak lama menyuarakan dukungan mereka terhadap Donetsk-Luhansk. Assad bahkan dilaporkan sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Donetsk, Natalia Nikonorova.

"Komunikasi akan dilakukan dengan kedua negara guna menyetujui kerangka kerja untuk memperkuat hubungan, termasuk membentuk hubungan diplomatik yang sesuai dengan aturan yang diketahui," ujar salah satu pejabat

Rusia sudah lebih dulu mengakui kemerdekaan Luhansk dan Donetsk pada Februari lalu. Setelah itu, Rusia langsung mengumumkan operasi militer khusus di kedua wilayah tersebut.

Dari sana, serangan Rusia langsung meluas hingga sempat mencapai kawasan Ibu Kota Ukraina, Kyiv. Rusia mengklaim hanya menyerang target militer, tapi kemudian turut menggempur kawasan sipil.


 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 1139 Kali
Berita Terkait

0 Comments