Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/07/2022 10:00 WIB

Asisten STY Beberkan 7 Evaluasi Timnas Indonesia

TIMNAS SEPAKBOLA
TIMNAS SEPAKBOLA

DAKTA.COM - Timnas Indonesia mulai dari U-19 hingga senior dianggap masih memiliki sejumlah catatan yang menjadi pekerjaan rumah bagi semua sektor.

Persoalan-persoalan itu diungkapkan asisten pelatih Shin Tae Yong di Timnas Indonesia Nova Arianto dalam unggahan di Instagram.

Menurut Nova perbaikan dari masalah-masalah tersebut bisa dimulai dari pembinaan usia dini. Salah satunya lewat pembinaan yang tepat kepada pemain-pemain usia muda.

"Ini yg kami merasa kurang di Tim Nasional saat ini dari Timnas U 19 sampai di Timnas senior, dan untuk memperbaiki ini kita harus memulainya dari sepak bola usia dini, karena sebelum mereka belajar taktik ada baiknya mereka dibekali teknik dan skill individu yang baik," kata Nova soal tujuh catatan tersebut.

"Ini semua menjadi tugas bersama karena kita semua ingin sepak bola Indonesia bisa terus berkembang dan berprestasi," ucap Nova menambahkan.

Mantan pemain Persib Bandung dan Sriwijaya FC itu menekankan, tujuh masukan tersebut perlu ditingkatkan dalam pembinaan usia dini. Selain itu juga harus dibiasakan dilakukan dalam setiap latihan.

Ketujuh catatan Nova Arianto untuk Timnas Indonesia itu adalah:

1. Komunikasi
Pemain yg melakukan passing ke pemain lain harus melakukan komunikasi agar disaat bebas pemain bisa balik badan dan melakukan distribusi bola ke depan.

2. Pergerakan
Pemain tanpa bola harus dibiasakan untuk selalu bergerak untuk mencari ruang untuk bisa menjadi opsi passing pemain yang pegang bola.

3. Lihat Situasi (Scanning)
Biasakan sebelum terima bola cek posisi lawan berada di mana sehingga pemain bisa cepat mengambil keputusan yang tepat.

4. Kualitas Operan
Kualitas passing harus diperhatikan impact bola dan timming kapan untuk melakukan passing.

5. Kualitas Kontrol (First Touch)
Setelah melihat situasi disaat kontrol bola harus bisa menguasai bola untuk cepat melakukan passing selanjutnya.

6. Pass Move
Setelah passing pemain harus dibiasakan bergerak kembali untuk membantu dan minta bola kembali karena kebiasaan pemain kita setelah passing menganggap tugasnya sudah selesai.

7. Mental
Membiasakan pemain untuk percaya diri dengan kemampuannya sendiri dan mau kerja keras di latihan dan pertandingan.


 

 


 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 1179 Kali
Berita Terkait

0 Comments