Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 29/06/2022 16:00 WIB

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Abu Setinggi 1 Km dari Puncak

status gunung anak krakatau 169
status gunung anak krakatau 169

DAKTA.COM - Gunung Anak Krakatau (GAK) erupsi pada pukul 04.36 WIB, Rabu (29/6). Kolom abu dari Gunung Anak Krakatau mencapai 1.000 meter dari puncak.

Laporan letusan Gunung Anak Krakatau diunggah dalam Magma Indonesia, aplikasi resmi milik PVMBG, Badan Geologi Kementerian ESDM.

Pegawai pos pantau Gunung Anak Krakatau Pasauran, Fahrul Roji dalam laporannya menyatakan kolom abu berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara.

Erupsi tersebut terekam di alat seismogram dengan amplitudo maksimum 60mm dan berdurasi 1 menit 17 detik. Namun, letusan Gunung Anak Krakatau tidak disertai suara dentuman.

Status Gunung Anak Krakatau berada di Level III atau Siaga. Masyarakat, nelayan maupun wisatawan dilarang beraktivitas dalam radius 5 kilometer.

Erupsi juga terjadi di hari yang sama, Rabu, 29 Juni 2022, pukul 02.09 WIB. Namun semburan abu tidak teramati, sehingga tidak diketahui berapa ketinggian semburan abu tersebut.

Tidak terdengar pula suara dentuman dari letusan Gunung Anak Krakatau, tetapi terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 60 mm dengan durasi 24 detik.

 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 602 Kali
Berita Terkait

0 Comments