Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 26/06/2022 13:00 WIB

Batu Diduga Alat Penggiling Tebu dari Abad ke-17 Milik Kesultanan Banten Ditemukan di Pinggir Jalan Bekasi

BATU BERSEJARAH ABAD 17
BATU BERSEJARAH ABAD 17


DAKTA.COM- Warga Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, dihebohkan dengan penemuan benda bersejarah yang diduga berasal dari abad ke 17 milik Kesultanan Banten, Jumat (24/6/2022).

 

Benda bersejarah yang berbentuk batu besar itu diketahui sangat mirip dengan batu peninggalan era Kesultanan Banten di abad ke-17 yang memiliki fungsi sebagai alat pemeras tebu.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan bahwa Pemkot Bekasi akan mengamankan benda tersebut untuk diteliti lebih lanjut.

 

"Jika memang benar batu bersejarah, batu tersebut akan kita tempatkan di Museum Cagar Budaya," kata Tri, dalam keterangannya, Sabtu sore (26/6/2022).

 

Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Deded Kusmayadi turut mengonfirmasi temuan benda yang diduga memiliki nilai sejarah itu.

 

Dugaan sementara, masih ada beberapa batu yang memiliki bentuk yang sama tersebar di beberapa titik di Kota Bekasi.

 

"Kemarin yang dilihat ada 3, tapi kalau menurut informasi, sekitar 7 katanya nih," tutur Deded.

 

Ia mengatakan, jika memang hasil penelitian menunjukkan batu ini berasal dari abad ke-17 dan memang total ada 7 batu, maka ini merupakan temuan sejarah yang sangat besar dan membanggakan khususnya bagi warga di Kota Bekasi.

 

"Kalau nanti hasil penelitian memang betul itu benda pra sejarah, akan menambah khasanah kekayaan benda arkeologi di Kota Bekasi," imbuhnya.

 


 

 

Sumber : KOMPAS
- Dilihat 336 Kali
Berita Terkait

0 Comments