Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/06/2022 11:00 WIB

Batu Empedu, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Talkshow Mitra Keluarga Bekasi Barat 15 Juni 2022
Talkshow Mitra Keluarga Bekasi Barat 15 Juni 2022

BEKASI, DAKTA.COM- Batu kandung empedu atau cholelithiasis adalah suatu keadaan terdapatnya bentukan batu pada kantung empedu atau bisa juga terjadi di dalam saluran empedu.

Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang mengeras menjadi bentukan batu.
Keberadaan batu tersebut terkadang tidak menimbulkan gejala atau asimptomatik. Namun, bisa juga menimbulkan gejala atau simptomatik, baik ringan sampai dapat menyebabkan gejala berat, sehingga diperlukan upaya penanganan segera untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi.

Pembentukan cairan empedu terjadi di dalam hati, yang berfungsi sebagai deterjen untuk melarutkan dan penyerapan lemak serta beberapa vitamin esensial.

Komposisi empedu terdiri dari bahan anorganik meliputi Na, K, Ca, Cl, P serta bahan organik berupa kolesterol, fosfolipid, garam empedu, bilirubin terkonjugasi. Pada sistem saluran empedu terdapat kandung empedu yang berfungsi sebagai reservoir dan pemekatan empedu.

Ada 3 jenis batu kandung empedu:

Batu empedu kolesterol
Batu kolesterol merupakan batu tersering ditemukan di kantung empedu. Batu kolesterol terbentuk dikarenakan adanya kelebihan kolesterol dibandingkan dengan jumlah cairan empedu yang bertugas untuk melarutkan lemak, sehingga terjadi supersaturasi empedu dan terbentuk kristal yang makin lama berubah  menjadi batu.

Batu empedu pigmen
Batu pigmen dapat terbentuk akibat pelepasan bilirubin, zat kuning hasil pemecahan darah dari saluran empedu yang komponen tidak larut airnya bergabung dengan kalsium sehingga membentuk batu.

Batu empedu campuran
Batu empedu campuran merupakan campuran antara batu empedu kolesterol dan batu empedu pigmen

Jadwal praktek dr Ardo di Mitra Keluarga Bekasi yakni hari Senin dan Rabu pukul 19.00-21.00 WIB

Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 177 Kali
Berita Terkait

0 Comments