Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/06/2022 15:00 WIB

Presiden Melantik Dua Menteri Dan Tiga Wakil Menteri (Wamen)

zulklifli hasan dan hadi tjajanto 23
zulklifli hasan dan hadi tjajanto 23

DAKTA.COM - Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin mempunyai lima pendatang baru.

 

Sebanyak dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) baru dilantik Jokowi pada Rabu (15/6/2022) di Istana Negara, Jakarta. Dengan pelantikan ini, Jokowi-M

 

Siapa saja menteri dan wakil menteri yang baru dilantik?

 

Dua menteri Dua menteri yang baru dilantik Jokowi yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

 

Pelantikan keduanya dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

 

Zulkifli Hasan dilantik sebagai Mendag menggantikan Muhammad Lutfi. Zulhas, begitu sapaan akrabnya, merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). PAN telah menyatakan bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi sejak akhir Agustus 2021, tetapi, baru ini mendapat jatah kursi menteri.

 

Sementara, Hadi Tjahjanto menggantikan Menteri ATR/BPN sebelumnya, Sofyan Djalil. Dengan posisi baru ini, Hadi kembali ke lingkar pemerintahan setelah menyerahkan tongkat komandonya sebagai Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa pada 19 November 2021 karena purnatugas.

 

Tiga wakil menteri Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri baru. Pelantikan ketiganya dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

 

Ketiga wakil menteri itu, pertama, Raja Juli Antoni dilantik sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kedua, Afriansyah Ferry Noor dilantik sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

 

Dan ketiga, John Wempi Watipo dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri). Raja Juli Antoni menggantikan Wamen ATR sebelumnya, Surya Tjandra. Dia selama ini dikenal sebagai Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Afriansyah Ferry juga berasal dari kalangan partai politik.

 

Dia merupakan Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB). Sementara, John Wempi Watipo bukan orang baru di pemerintahan. Dia sebelumnya menjabat sebagai Wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 


 

 

Sumber : KOMPAS
- Dilihat 456 Kali
Berita Terkait

0 Comments